Pembela HAM Syamsuddin Radjab Tutup Usia, Berikut Karya - karyanya

* Dikenal juga sebagai aktivis reformasi 98

Pembela HAM Syamsuddin Radjab Tutup Usia, Berikut Karya - karyanya
Syamsuddin Radjab. (Foto: Istimewa)

KABAR.NEWS, Makassar - Direktur Jenggala Center sekaligus dosen UIN Alauddin Makassar, Syamsuddin Radjab, dikabarkan tutup usia pada Minggu (21/5/2023). 


Pria yang dikenal sebagai pegiat hak asasi manusia atau HAM itu menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.


Olleng sapaan mantan pendiri Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) ini, meninggal dunia karena sakit. Sejumlah kolega mengonfirmasi wafatnya Olleng. Salah satunya datang dari Bupati Bantaeng, Ilhamsyah Azikin.


"Innalillahi wa innailahi rajiun, telah berpulang ke senior atau sahabat kita Syamsuddin Radjab pagi ini di RS Bhayangkara, Depok. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang paling mulia di sisiNya dan kepada keluargan ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan,” tulis Ilhamsyah Azikin di grup WA Alumni KNPI Sulsel.


Selain sebagai akademisi, Olleng dikenal luas sebagai Aktivis Reformasi 98. Semasa kuliah di Fakultas Syariah dan Hukum IAIN Alauddin (UIN Makassar) ia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam dan sejumlah organisasi lainnya.


Olleng juga tercatat pernah mendaftarkan diri hingga mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 


Saat pandemi Covid-19, Olleng banyak melontarkan kritik kebijakan pemerintah yang dinilai tidak konsisten dalam menerapkan aturan pagebluk. Ia juga mengkritik para pihak yang meraup untung dari pandemi.


Sepanjang hayatnya, pria kelahiran Jeneponto itu banyak menerbitkan buku di antaranya berjudul "HMI dan GMNI dalam Politik Kekuasaan" (2014), buku berjudul "Konfigurasi Politik dan Penegakan Hukum di Indonesia" (2013).


Pada tahun 2020, Olleng diketahui menerbitkan buku berjudul "CSR dan HAM". Buku tersebut mengulas bagaimana relasi dan regulasi corporate social responsibility yang ramah HAM. Dan masih banyak lagi karya Olleng.


Jenazah Olleng pada Minggu hari ini akan diterbangkan ke Kota Makassar, untuk selanjutnya disemayamkan di rumah duka di Jalan Veteran Selatan.