Pelayanan Puskesmas Pattontongan Jeneponto Dikeluhkan

*Masalah komunikasi

Pelayanan Puskesmas Pattontongan Jeneponto Dikeluhkan
Kepala Puskesmas Pattontongan, Jeneponto, dr. Rahmawati Achmad. (KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Pelayanan kesehatan Puskesmas Pattontongang, Kelurahan Biring Kassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, dikeluhkan warga. Keluhan ini disampaikan oleh pria berinisial ND warga Kecamatan Turatea, Jumat (14/1/2022).


ND bercerita, ia datang ke Puskesmas Pattontongan untuk memeriksa gejala sesak nafas yang dialaminya. Setiba di puskesmas, dia mengeluh karena tidak mendapat perawatan.


Pria tersebut justru diarahkan oleh perawat untuk memeriksakan diri ke RSUD Lanto Daeng Pasewang, Jeneponto. Alasannya, puskesmas tidak memiliki ada alat bantu pernafasan.


"Tidak ada oksigen, nakana langsungko naik ri lanto (dia bilang langsung saja naik di RSUD Latopas, red)" ujar dia kepada wartawan.


Merespons keluhan tersebut, Kepala Puskesmas Pattontongan dr. Rahmawati Achmad menampik terjadi kekosongan oksigen. Menurut dia, keluhan tersebut hanya masalah komunikasi.


"Jadi tidak adaji penyebab oksigen. Tadi saya sampaikan, cuma mungkin di sini komunikasi yang kurang terbangun, komunikasi dua arah dari pasien dengan pihak petugas kami," kata Rahmawati Achmad saat ditemui di ruang kerjanya.


Ia mengatakan sejauh ini, pelayanan di puskesmas tersebut telah berjalan sesuai Standar Operasional (SOP).


Rahmawati menjelaskan, selama ini pihaknya selalu melakukan pelayanan secara efektif ke pasien dan masyarakat yang melakukan pemeriksaan. 

"Alhamdulillah pelayanan di sini baik-baik saja. Kami memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B