Pelatih PSM: Dari Underdog, Hingga Lolos ke Semifinal Piala Menpora

PSM Makassar berhasil lolos ke semifinal setelah menang adu penalti dengan PSIS Semarang.

Pelatih PSM: Dari Underdog, Hingga Lolos ke Semifinal Piala Menpora
Pemain PSM Makassar berduel dengan pemain PSIS Semarang di Semifinal Piala Menpora di Stadiuon Kanjuruhan, Malang, Jumat (9/4/2021). (Foto: PSM Makassar)






KABAR.NEWS, Makassar - PSM Makassar berhasil melaju ke babak semifinal Piala Menpora 2021, setelah mengalahkan PSIS Semarang. Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola bersyukur timnya berhasil lolos ke semifinal Piala Menpora 2021.
Syamsuddin mengaku PSM Makassar saat awal Piala Menpora dianggap sebagai tim underdog. Tetapi kerja keras para pemainnya bisa membuktikan diri hingga lolos ke babak semifinal Piala Menpora.
"Pertama-tama saya ucapkan syukur Alhamdulillah tim kami lolos ke semifinal. Tadinya underdog atau kuda hitam, tapi pemain kami bekerja keras dengan disiplin itu yang dia (pemain) perlihatkan di lapangan," ujar Syamsuddin Batola saat konferensi pers usai laga lawan PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (9/4/2021). 
Juku Eja berhasil melenggang ke fase semi final Piala Menpora setelah berhasil mengalahkan Laskar Mahesa Jenar lewat adu penalti 4-2 (0-0) di Stadion Kanjuruhan, Malang. 
Menang adu penalti, Syamsuddin pun mengaku bahwa ia telah jauh-jauh hari telah mempersiapkan Zulkifli dan kawan-kawan untuk menghadapi terjadinya duel adu penalti. Sehingga dirinya sangat bersyukur anak asuhnya berhasil mengalahkan PSIS Semarang.
"Untuk adu penalti memang kita sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari dari Makassar sampai di sini (Malang) lagi kita mempersiapkan bahwa kalau terjadi adu penalti kita sudah siapkan Siapa-siapa penendangnya," ujarnya. 
Bahkan diirnya memberikan pujian khusus terhadap kiper Juku Eja, Hilmansyah yang bermain apik karena berhasil menghalau dua tendangan pemain PSIS Semarang. 
"Hilmansyah percaya diri dan dia bisa baca penendang kemana bolannya dan dia bisa gagalkan sampai dua kali. Itulah yang mengangkat moril-moril pemain kami yang belum menendang," ucapnya.
Hal senada disampaikan kapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur. Ia mengaku bersyukur PSM Makassar bisa melangkah hinggal semifinal Piala Menpora.  
"Pertama-tama saya mau ucapkan alhamdulillah atas pencapaian tim PSM sejauh ini," kata dia.
Zulkifli mengaku PSM bisa melangkah ke semifinal berkat kerja keras seluruh tim. Selain itu, motto Siri'na Pacce selalu dikedepankan. 
"Seperti yang saya bilang di fase grup lalu, kami datang dengan slogan Siri'na Pacce yang memang soal harga diri orang Makassar. Alhamdulillah doa kami dijawab oleh Allah," ujarnya.
Penulis: Darsil Yahya/B