Skip to main content

Pelamar CPNS Tembus 441.267 Orang, Penjaga Tahanan Paling Diminati

INT
situs sscn.bkn.go.id.

 

KABAR.NEWS, Jakarta – Pelamar formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung (MA) terus bertambah. Melalui situs sscn.bkn.go.id, hingga Selasa (8/8/2017) kemarin, jumlah pelamar telah mencapai 441.267 orang.

Dari jumlah tersebut, formasi penjaga tahanan di Kemenkumham masih merupakan formasi favorit yang paling diminati para pelamar.

 

BERITA TERKAIT: Dari 17.562 Kuota CPNS Kemenkumham, 14.000 Disediakan untuk Lulusan SMA

 

Data yang dilansir humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan, dari total 441.267 pelamar yang telah mengisi datanya melalui situs sscn.bkn.go.id, sebanyak 427.117 orang mengajukan lamaran untuk mengiri formasi di Kemenkumham. Sedangkan sisanya sebanyak 14.150 orang mengajukan lamaran untuk mengisi formasi di MA.

Adapun formasi jabatan-jabatan yang menjadi favorit pelamar di Kemenkumham adalah: penjaga tahanan. Sementara jabatan yang paling kurang diminati adalah dokter spesialis  penyakit dalam pertama, dan dokter spesialis ginekologi pertama.

Untuk formasi di Mahkamah Agung, jabatan favorit adalah untuk formasi calon hakim pada peradilan umum. Sementara jabatan yang paling kurang diminati pelamar adalah calon hakim peradilan agama untuk formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemerintah membuka lowongan 19.200 formasi di Kemenkumham dan MA untuk berbagai lulusan pendidikan. Pendaftaran dibuka mulai 1 – 31 Agustus melalui situs sscn.bkn.go.id. Ditekankan dalam pendaftaran ini, bahwa pelamar hanya boleh mengajukan lamaran untuk satu jenis jabatan, dan satu jenis kualifikasi.