Pelaku Perjalanan dari Wilayah PPKM IV Wajib PCR dan Kartu Vaksin Masuk Makassar

Aturan PPKM Level IV di Makassar

Pelaku Perjalanan dari Wilayah PPKM IV Wajib PCR dan Kartu Vaksin Masuk Makassar
Ilustrasi Pembatasan Perbatasan Wilayah di kota Makassar beberapa waktu lalu (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah) 






KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar resmi memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV. Aturan perjalanan dan transportasi pun diatur sebagaimana merujuk aturan PPKM IV dari Pemerintah Pusat. 


Dalam Surat Edaran Wali Kota Makassar No 943.01137? /S.Edar/Kesbangp01/VII/202 dinyatakan pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut dan kereta api) memiliki persyaratan khusus. 


Beberapa aturan tersebut adalah harus menunjukkan kartu vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Selain itu juga menunjukkan hasil tes PCR yang diambil dua hari sebelum keberangkatan dan untuk pesawat udara serta Antigen (H-l) untuk moda transportansi mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api dan kapal laut. 


Namun, dalam Surat Edaran mengatur ketentuan tersebut hanya berlaku untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Wilayah yang ditetapkan sebagai PPKM Level 4 (empat).  Dan tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi sebagai contoh untuk wilayah Jabodetabek.


Sementara, untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin. 


Untuk ketentuan pembatasan lainnya, transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70% (tujuh puluh persen) dengan menerapkan protokol kesehatan secara
lebih ketat. 


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B