Pekan Depan, Tak Pakai Masker di Jeneponto Didenda Rp50 Ribu

- Sanksi sesuai perbup

Pekan Depan, Tak Pakai Masker di Jeneponto Didenda Rp50 Ribu
Ilustrasi memakai masker di tempat umum. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Setiap orang yang kedapatan tak memakai masker di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, akan diberi sanksi denda uang tunai sebesar Rp50 ribu.


Sanksi tersebut diatur dalam Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 37 tahun 2020 dan telah diberlakukan sejak 31 Agustus tahun lalu.


Perbub itu menindak lanjuti Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus (Covid-19).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Jeneponto, M. Nasuhan mengatakan, pihaknya akan memberlakun sanksi itu pada Senin pekan depan. 


"InsyaAllah dalam waktu singkat ini, rencana saya minggu depan sudah diberlakukan," ujarnya saat ditemui KABAR.NEWS di kantornya, Jumat (15/1/2021).

Kepala Satpol PP Jeneponto, M. Nasuhan. (KABAR.NEWS/Akbar)


Hanya saja, kata dia, tiap orang yang ditemukan tak memakai masker masih diberi kebijakan. Ketika ditemukan kedua kalinya barulah disanksi. "Jika ditemukan kedua kalinya tidak memakai masker, yah apa boleh buat kita denda," jelasnya. 


Dia menambahkan, teknis kerja sweeping masker akan memilih lokasi tertentu di Jeneponto. Namun yang dikhawatirkan adalah masyarakat dari luar. Sebab, sanksi ini hanya berlaku khusus di wilayah Jeneponto.


"Cuman yang di khawatirkan masyarakat luar, karena sanksi ini khusus wilayah Jeneponto. Makanya saya mengusulkan barang kali bagusnya kalau ada zona masker. Sama dengan zona-zona lainnya," pungkasnya. 


Penulis: Akbar Razak/B