PeduliLindungi Jadi Aplikasi Terpopuler di Play Store

- Per 15 Desember 2021

PeduliLindungi Jadi Aplikasi Terpopuler di Play Store
Aplikasi PeduliLindungi. (Tangkapan Layar/YouTube)












KABAR.NEWS, Makassar - Aplikasi pelacak Covid-19 yakni PeduliLindungi menjadi aplikasi yang paling terpopuler dan paling banyak didownload di Play Store Google. 


Dilihat KABAR.NEWS pada Rabu (15/12/2021), aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) dan PT Telkom Indonesia itu menempati urutan pertama pada layanan distribusi digital milik Google tersebut.


Aplikasi PeduliLindungi yang dilengkapi sejumlah fitur penanganan Covid-19, saat ini telah diunduh sebanyak 50 juta lebih pengguna android dan mendapat bintang 3,6 untuk kategori aplikasi gratis. (Baca juga: Makassar Wajibkan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi di Area Publik)


Di urutan kedua ada aplikasi belanja online Shopee dengan 100 juta lebih unduhan, kemudian disusul aplikasi komunikasi Getcontact di tempat ketiga Play Store per hari ini.


Mengutip laman PeduliLindungi, platform ini dikembangkan untuk menghentikan penularan Covid-19. Beberapa daerah di Indonesia telah mewajibkan penerapan aplikasi ini di tempat-tempat umum.


"Hal ini ditujukan untuk melakukan pengawasan lokasi padat dan ramai yang memiliki resiko tinggi yang nantinya bermanfaat dalam menelusuri riwayat Covid-19 (Contact Tracing)," tulis keterangan tentang PeduliLindungi di Playstore.

Pengunjung Mal Panakukkang Makassar melakukan scan barcode pada aplikasi PeduliLindungi. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

Aplikasi PeduliLindungi juga merupakan satu-satunya platform untuk mengunduh sertifikat vaksin dosis kesatu dan dua Covid-19. Layanan ini juga dapat mengecek warga yang belum divaksin berdasarkan data kependudukan.


Khusus di Kota Makassar, pengunjung pusat perbelanjaan modern diharuskan oleh pemerintah untuk melakukan scan sertifikat vaksin Covid-19 pada aplikasi PeduliLindungi. (Baca juga: Polisi di Sesean Toraja Utara Antar-Jemput Lansia Demi Ikut Vaksinasi)


Diketahui, aplikasi PeduliLindungi didukung oleh Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Aplikasi ini juga tersedia di App Store untuk pengguna iPhone.

Penulis: Irvan Abdullah/C