PDAM Sinjai Disorot, 3 Minggu Warga Biringere Tanpa Air Bersih

*Menghambat ibadah di bulan Ramadan

PDAM Sinjai Disorot, 3 Minggu Warga Biringere Tanpa Air Bersih
Ilustrasi air keran macet. (Pexels)

KABAR.NEWS, Sinjai - Sudah tiga hari air PDAM tidak mengalir ke rumah pelanggan di Kelurahan Lappa dan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.


Macetnya distribusi air PDAM Sinjai bahkan sudah terjadi selama satu pekan terakhir. Hal itu dikeluhkan pelanggan bernama Ambo Sakka.


Warga Kelurahan Lappa itu mengatakan, sudah 3 hari air PDAM tidak mengalir di rumahnya. Menurut dia, macetnya air PDAM menghambat mereka beribadah di bulan Ramadan.


"Di sisi lain untuk bersuci atau berwudhu sebagai kepentingan ibadah, sebagai warga Lappa sangat mengeluh ketika air PDAM tidak mengalir, karena tidak adanya sumber mata air lain," kata Ambo Sakka di Sinjai, Minggu (3/4/2022).


Hal yang sama juga dikeluhkan oleh Andi Rukman, warga Jalan Veteran, Kelurahan Biringere. Dia mengaku sudah masuk tiga pekan tidak pernah menikmati air bersih dari PDAM.


"Sudah tiga minggu air tidak mengalir di sini, untuk kebutuhan sehari-hari saya menumpang ke tetangga yang punya subur Bor untuk ambil air. Tapi saya juga merasa berat kalau saya ambil air tiap hari ke tetangga," jelasnya .


Andi mengaku tidak mengetahui mengapa sudah tiga minggu air PDAM tak mengalir ke rumahnya, padahal setiap bulan mereka membayar tagihan air.


"Saya tidak tau penyebabnya, pembayaran tagihan air lancar tiap bulan dan tidak pernah menunggak. Semoga air PDAM kembali mengalir lancar apalagi bulan puasa masyarakat butuh air bersih," pungkasnya.


Sementara itu, Direktur PDAM Sinjai, Nasrullah, membenarkan air tidak mengalir di beberapa titik di ibu kota Kabupaten Sinjai. "Iya memang tidak mengalir, karena ada perbaikan jaringan utama di Balantieng. Makanya tekanan air kurang," katanya.


Penulis: Syarif/B