Patuhi Prokes, 435 Siswa SMKN 1 Tator Ikuti UKK Bergantian

UKK akan menjadi penentu kelulusan siswa.

Patuhi Prokes, 435 Siswa SMKN 1 Tator Ikuti UKK Bergantian
Proses UKK di SMKN 1 Tana Toraja, Makale. Rabu (21/4/2021). (Foto: KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Makale - Sekolah ditengah pandemi Covid-19 membutuhkan berbagai kesiapan dan tentu harus mengikuti protokol kesehatan (prokes). Seperti halnya dengan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tana Toraja. Sebanyak 435 siswa kelas 3 mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2021 dengan melakukan tatap muka dan mengikuti prokes dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala SMKN 1 Tana Toraja (Tator), Sofyan Linggi' mengatakan di tengah pandemi Covid-19 dan proses belajar mengajar ataupun ujian harus tetap berjalan. Maka dengan menyanggupi semua itu, maka siswa harus ujian saat ini dilakukan secara bergantian.

Katanya, untuk tahun ajaran 2020/2021 siswa mengikuti UKK sebanyak 435 siswa yang dilakukan secara tatap muka, namun mengikuti prokes. Mereka diwajibkan memakai masker, cuci tangan sebelum memasuki ruangan, jaga jarak, pembatasan peserta yang masuk ruangan juga menyesuaikan .

"Sebanyak 435 siswa yang terdiri dari 7 jurusan saat ini sedang mengikuti UKK, secara bergantian dan menyesuaikan ketersediaan asesor. Dan karena pelaksanaan UKK bertepatan dengan bulan Ramadan maka siswa yang berpuasa kami lebih dahulukan. Pada UKK tahun ini kami menggunakan 3 kategori sesuai aturan yang berlaku," ungkap ungkap Sofyan saat ditemui KABAR.NEWS di ruangannya, Senin (19/4/21)..

Ditambahkan Sofyan, bahwa melaksanakan UKK sebanyak  7 jurusan yakni jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pengelasan, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, desain Pemodelan dan Informasi Bangunan serta jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti.

"Lulusnya siswa itu ditentukan dengan mengikuti ujian sekolah dan ujian kompetensi keahlian," tambahnya.

Sementara untuk kelas 1 dan 2, tambah Sofyan, saat ini masih menggunakan pembelajaran secara sistem daring. Dan dirinya berharap UKK bisa berjalan dengan baik dan semua siswa mengikuti serta bisa lulus dengan baik.

Penulis: Febriani/B