Skip to main content

Pasien Corona di Makassar akan Konsumsi Obat Malaria Klorokuin

Pasien Corona di Makassar akan Konsumsi Obat Malaria Klorokuin
Obat Chloroquine atau Klorokuin. (Internet)

KABAR.NEWS, Makassar - Obat Chloroquine atau Klorokuin akan dikonsumsi oleh pasien positif Virus Corona atau Covid-19 yang dirawat di rumah sakit rujukan Kota Makassar.


Baca juga: Ulasan Lengkap Tentang Hand Sanitizer dan Kekeliruan Soal Disinfektan


Obat anti malaria ini dianggap oleh Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, telah sesuai standar dan disetujui oleh pemerintah di tingkat pusat.


"Saya pikir itu sudah terstandar dan itu sudah bisa dipakai. Bahkan pak Presiden juga sudah setujui," kata Iqbal melalui Video Conference di Makassar, Kamis (26/3/2020).


Iqbal menyebutkan bahwa obat ini rencananya akan menjadi second line untuk dikonsumsi oleh pasien positif dan atau pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

 

"Baik mereka yang merupakan Orang dalam Pemantauan (ODP) Pasien dalam Pengawasan maupun yang telah positif corona nantinya. Tapi, jadi second line, bukan penyembuh utama ya," tutur Iqbal.


Baca juga: Darurat Corona, Lockdown Makassar Tunggu Izin Nurdin Abdullah


Dia optimis bahwa obat Klorokuin ini efektif dalan memulihkan kondisi kesehatan para pasien. Uji coba di Jepang telah membuktikan bahwa pasien Covid-19 dapat disembuhkan dengan konsumsi obat ini.


"Apalagi itukan sudah efektif di Jepang sebagai salah satu obatnya untuk Corona," tutur Iqbal.


Obat ini bahkan sudah tersedia di Rumah Sakit (RS) Rujukan di Makassar apabila nantinya dibutuhkan oleh pasien. Namun penggunaan obat ini ditentukan oleh keputusan para dokter yang menangani pasien alias harus ada resep dokter.


"Yah, itu sudah tersedia," tandas Iqbal.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B

 

Flower

 

loading...