Pasca Insiden Lapas Tangerang, Rutan Bantaeng Simulasi Penanganan Kebakaran

Gandeng Damkar

Pasca Insiden Lapas Tangerang, Rutan Bantaeng Simulasi Penanganan Kebakaran
Simulasi penanganan kebakaran di Rutan Kelas II B Bantaeng. (IST)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Sejumlah rumah tahanan atau Rutan di bawah Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar simulasi penanganan kebakaran pasca insiden Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 di Kota Tanggerang, Banten, diamuk si jago merah pada beberapa waktu lalu.


Salah satunya Rumah Tahanan (Rutan) Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Rutan kelas IIB ini menggelar simulasi penanganan api pada Selasa (14/9/2021) kemarin dengan melibatkan para narapidana atau warga binaan.


Dalam simulasi ini, pihak Rutan menggandeng pemadam kebakaran (Damkar) Bantaeng. Di simulasi ini para napi diajarkan cara memadamkan api jika sewaktu-waktu terjadi.


"Untuk menyikapi segala kejadian contohnya kobaran api tiba-tiba, sebisa mungkin tidak disikapi dengan perasaan panik," ujar Kasi Ops Damkar dan Penyelamatan Bantaeng, Harsad, dalam keterangan tertulis.


Sementara itu, Komandan Pleton I Kamaruddin, memberikan beberapa teknik pemadaman api menggunakan karung atau kain yang telah dibasahi serta alat pemadam kebakaran.


"Saya meluruskan berbagai hal terkait hoak yang beredar seperti ledakan tabung gas dan berbagai isu miring terkait pemadaman api," ungkapnya.


Kepala Rutan Kelas II B Bantaeng, Ince Muh. Rizal memberi apresiasi atas tindak lanjut koordinasi yang dilakukan oleh tim Damkar Bantaeng. 


"Saya mewakili seluruh jajaran dan warga binaan mengucapkan banyak terima kasih kepada tim Damkar Bantaeng yang dalam hal ini diwakili oleh bapak Harsad dan pak Doni atas ilmu yang sangat bermanfaat ini," ucap pria yang akrab disapa Ince.


Ince juga berharap agar ke depanya peristiwa kebakaran tidak terulang lagi, khususnya di rutan atau lapas.


"Mudah-mudahan, hal ini bisa menjadi bekal bagi kita semua untuk bisa mengantisipasi hal tak terduga, contohnya kobaran api," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/C