Pasca Gempa di Sulbar, PUPR Akan Fokus ke Rencana Ini

Olehhya itu ia berharap dua pekan kedepan semua proses pembersihan reruntuhan bangunan telah rampung.

Pasca Gempa di Sulbar, PUPR Akan Fokus ke Rencana Ini
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi gempa di Sulbar.KABAR.NEWS/Darsil Yahya.






KABAR.NEWS, Mamuju -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku pihaknya saat ini belum bisa fokus melakukan recovery bangunan dan gedung yang hancur secara keseluruhan pasca gempa yang mengguncang Sulbar pada Jumat (15/1/2021) dini hari kemarin.

"Saya kira belum (Recovery), untuk keseluruhankan harus diidentifikasi detail, ini belum diidentifikasi detail jadi kita punya prioritas, prioritas utama kita mengidentifikasi korban," ucap Basuki Hadimuljono dihadapan awak media saat meninjau gedung kantor Gubernur Sulbar, Minggu (17/1/2021).

Basuki Hadimuljono juga mengungkapkan bahwa ia baru menerima laporan ihwal korban yang telah dievakuasi. Olehhya itu ia berharap dua pekan kedepan semua proses pembersihan reruntuhan bangunan telah rampung.

"Hari ini kita baru dapat informasi korban sudah dievakuasi semua. Sehingga saya baru bisa masuk untuk membersihkan, itu yang baru bisa saya prediksi dua minggu sudah harus bersih," katanya.

Kemudian, lanjut Basuki, menyediakan sanitasi dan air bersih di pengungsian itu harus. Kemudian konektivitas ke arah Mamuju dan Majene harus di buka. 

"Insya Allah dan Alhamdulillah ini sudah di buka semua, baru kemudian mengaudit semua gedung-gedung kalau lihat kasat mata mungkin masih bagus tapi ternyata tidak laik karena strukturnya sudah kena," ujarnya.

"Tapi sebelah sananya (sambil nunjuk ke arah gedung Gubernur Sulbar) kelihatan ada retak-retak. kalau itu hanya retak dindingnya tapi strukturnya nggak kan masih bisa di recovery. Jadi itu dulu prioritasnya," sambungnya.

Tak hanya fokus melakukan recovery bangunan, ia juga menyatakan pihaknya fokus melakukan perbaikan irigasi di lokasi bencana. Apalagi langsung mendapatkan instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

"Termasuk juga irigasi yang sudah kita lihat itu, kita perbaiki semua. Mudah-mudahan ini (cepat rampung).Ini perintah presiden pada saya untuk segera memperbaiki. Prioritaskan apa yang perlu diperbaiki," pungkasnya 

Dalam kesempatan itu, Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono, didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar serta Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Penulis : Darsil Yahya/A