Partisipasi Pemilih Lampaui Target, HMI Cagora Apresiasi KPU-Bawaslu Gowa

Padahal pandemi

Partisipasi Pemilih Lampaui Target, HMI Cagora Apresiasi KPU-Bawaslu Gowa
Ketua Umum HMI Cabang Gowa Raya, Ardiansyah. (IST/HO)












KABAR.NEWS, Gowa - Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya (Cagora), Ardiansyah, mengapresiasi KPU dan Bawaslu setempat atas tingginya angka partisipasi pemilih saat hari pencoblosan Pilkada Gowa, Rabu 9 Desember kemarin.


Partisipasi Pilkada Gowa mencapai 77.45 persen pemilih menurut data Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Data itu menurut Ardiansyah, melebihi jumlah target KPU Gowa sebanyak 70 persen pemilih.


"Tingginya partisipasi pemilih menunjukkan adanya kesadaran politik masyarakat Kabupaten Gowa untuk menentukan calon pemimpinnya. Tentu ini tidak lepas dari kerja-kerja relawan dan jajaran KPU Gowa dari tingkat desa hingga kabupaten," ujar Ardiansyah kepada KABAR.NEWS di Gowa, Kamis (10/12/2020).


Padahal kata Ardiansyah, publik sempat meragukan jumlah warga ke TPS karena Pilkada Gowa hanya diikuti satu pasangan calon yakni Adnan Purichta Ichsan - Abdul Rauf Mallagani Karaeng Kio. 


Masih menurut Ardiansyah, pandemi Covid-19 turut dikhawatirkan menggerus jumlah DPT Gowa yang akan menyalurkan hak pilihnya ke TPS.


"Tapi fakta politiknya, pandemi Covid-19 dan calon tunggal tidak menyurutkan langkah warga ke TPS. KPU Gowa dan stakeholder terkait patut mendapat tepuk tangan, meski di lapangan kemungkinan masih terdapat masalah-masalah lain," kata Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Unhas ini.


Pria yang akrab Ardi itu juga mengucap terima kasih kepada Bawaslu Gowa yang dinilai bisa berlaku adil dan cukup transparan dalam mengawasi serta menindak laporan dugaan pelanggaran Pilkada Gowa.


"Buktinya, indeks kerawanan pemilu di Gowa pada November kemarin masuk kategori sedang atau 55.82 persen di bawa Selayar, Maros dan Makassar. Di sisi lain, Bawaslu Gowa dalam catatan Bawaslu Sulsel hanya menemukan sedikitnya 8 dugaan tindak pidana pemilu atau yang paling terendah," beber Ardi.


"Ini menunjukkan KPU maupun Bawaslu Gowa telah melakukan tugas pokok dan fungsinya secara baik" tandas Ardi.


Diketahui, kolom kosong di Pilkada Gowa kalah telak oleh paslon Adnan-Kio yang memperoleh 91,1 persen suara menurut data rekapitulasi KPU RI di laman resminya pada Kamis, pukul 15.00 Wita. Jumlah tersebut berdasarkan data form C1-KWK yang masuk dari 841 TPS di Gowa yang berjumlah total 1.430 TPS.