Parepare Utus Enam Pelajar SD Ikut Lomba Bahasa Daerah Se-Sulsel

Dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan

Parepare Utus Enam Pelajar SD Ikut Lomba Bahasa Daerah Se-Sulsel
Pelepasan Tim Parepare untuk Lomba Bahasa Daerah di Kota Makassar.(IST)












KABAR.NEWS, Parepare - Pemerintah Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengutus enam pelajar tingkat sekolah dasar (SD) mengikuti lomba berbasis bahasa daerah. 


Perlombaan antar SD se-Sulsel ini dikemas dalam kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu yang digelar Balai Bahasa Provinsi Sulsel. Kegiatan yang berlangsung dari 2 hingga 5 Desember ini dipusatkan di Hotel Novotel Grand Shayla, Kota Makassar. 


Enam pelajar dari berbagai SD ini dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris di ruang Bidang Kebudayaan, Kamis (2/12/2021).


Arifuddin banyak menitip pesan kepada para pelajar yang diketahui berasal dari SD 3 (2 orang) SD 5 (1 orang), SD 58 (1 orang), SD IT Bina Insan (1 orang), dan SD 71 (1 orang). 


"Anak-anakku ini semua adalah pemenangnya. Kalian mewakili kurang lebih 1.600 siswa di Kota Parepare. Kalian adalah utusan Kota Parepare, maka jaga nama Parepare," pesan Arif, sapaan karib mantan Kepala Bidang Pendidikan Dasar ini. 


Ia juga mengapresiasi para juara 1 di berbagai kategori lomba berbahasa daerah putra dan putri (mendongeng, pidato, dan puisi Bugis) yang menjadi utusan Parepare ini. 


"Apresiasi yang setinngi-tingginya juga  kepada para pembina dan pendamping yang telah bekerja keras mengantarkan anak-anak kita sampai pada titik ini," kata Arif memompa semangat pelajar itu. 


Selain SD, perlombaan itu juga akan diikuti oleh tingkat SMP yang digelar 7 hingga 10 Desember, mendatang. Para juara 1 lomba mendongeng, puisi, dan pidato berbahasa daerah Bugis di tingkat Kota Parepare akan tampil dengan perlombaan kategori yang sama di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. 


"Para pelajar yang diutus ini adalah yang terbaik dari yang terbaik yang sudah terbukti sebagai juara 1 dalam Olimpiade Olahraga dan Seni yang kami gelar beberapa waktu lalu, khususnya pada lomba mendongeng Bugis, baca puisi Bugis, dan pidato berbahasa Bugis. Tanggal 7 nanti akan dilanjutkan tingkat SMP," timpal Mustadirham, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, menambahkan.


Selain didampingi masing-masing guru dari sekolah mereka, para pelajar itu dikoordinir guru master, Sudirman Manda SPd MPd (Guru UPTD SD Negeri 5 Parepare).


Adapun pelajar yang diutus adalah sebagai berikut:

1. Muh Syamsu Alam Junior, siswa SD 5 (lomba mendongeng Bugis kategori putra)

2. Khania Afrina Safiyya, siswa SD 71 (lomba mendongeng Bugis kategori putri)

3. Muh Alzam Tamsil, siswa SD 3 (lomba pidato Bugis kategori putra)

4. Husnul Khatimah, siswa SD 58 (lomba pidato Bugis kategori putri)

5. Andi Adheni Nataprawira, siswa SD IT Bina Insan (lomba puisi kategori putra

6. Yaumil Fadhilah Putri Ibrahim, siswa SD 3 (lomba puisi kategori putri)


Penulis: Arsyad/C