Parepare Terbaik Program Fasilitasi Digitalisasi Akses Keuangan UMKM

Khusus di Sulawesi Selatan

Parepare Terbaik Program Fasilitasi Digitalisasi Akses Keuangan UMKM
Sejumlah kepala daerah yang menerima penghargaan TPAKD dari Bank Indonesia di Toraja Utara, Senin (4/10/2021). (IST)






KABAR.NEWS, Rantepao - Kota Parepare menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Hal itu dibuktikan dengan penghargaan sebagai TPAKD terbaik dengan program fasilitasi digitalisasi akses keuangan UMKM tahun 2021.


Wali Kota Parepare Taufan Pawe menerima penghargaan tersebut dari Sekda Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani pada pertemuan tahunan Industri Jasa Keuangan yang dirangkaikan dengan Opening Ceremony Toraja Highland Festival di Hotel Misiliana, Toraja Utara, Rantepao, Senin (4/10/2021).


Taufan Pawe (TP) membanggakan TPAKD Parepare yang terus berinovasi menghadirkan sektor perekonomian baru. Wali Kota bergelar doktor ilmu hukum ini mengemukakan, perkuatan ekonomi pusat lahir dari perkuatan ekonomi di daerah. 

Taufan menekankan, meski Parepare adalah salah satu daerah dari 24 Kabupaten Kota di Sulsel yang hanya mengandalkan sektor jasa dan niaga, bukan sumber daya alam, namun Parepare telah tampil menjadi ‘role model’ atau percontohan pertumbuhan ekonomi di daerah.


“Penghargaan TPAKD Award sebagai yang terbaik dengan program fasilitasi digitalisasi akses keuangan UMKM pertanda bahwa Parepare terus bergerak, dan menuju pemulihan ekonomi yang kami telah canangkan tahun ini," tegas Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.


Sekda Sulsel Abdul Hayat yang hadir mewakili Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi daerah-daerah dan tokoh yang mendapatkan penghargaan TPAKD Award. Hayat mengungkapkan, semangat untuk memulihkan ekonomi, membangkitkan UMKM sejalan dengan tema kegiatan ini, yakni Sinergitas Antarlini Membangun Pariwisata untuk Pemulihan Ekonomi Nasional.


Hayat mengingatkan, di masa pandemi Covid-19 ini, penyaluran dana KUR di kalangan UMKM merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mengembangkan perekonomian melalui UMKM dengan memberi subsidi bunga.


"Karena itu diharapkan kepada seluruh Bupati Wali Kota untuk memfasilitasi UMKM di daerahnya agar penyaluran KUR ini, hendaknya dimanfaatkan dan dikelola dengan baik dan tepat sasaran," pesan eks Direktur Kementerian Sosial ini.


Selain Parepare, daerah lain yang mendapatkan penghargaan di ajang ini adalah Sidrap, Wajo, Bone, Gowa, Maros, Selayar, Pinrang. Dan Tokoh Penggerak Literasi inklusi Keuangan Since Erna Lamba, Syaiful, Herlina.


Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia Fadjar Madjardi, Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Bupati Wali Kota se-Sulsel dan Sulbar, Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, para Forkopimda, pimpinan OPD Provinsi Kabupaten/Kota, akademisi, asosiasi pelaku usaha, dan tokoh masyarakat.