Parepare Jadi Lokus Program Penanganan Anak Tidak Sekolah

- Khusus di Sulsel

Parepare Jadi Lokus Program Penanganan Anak Tidak Sekolah
Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim bersama jajarannya menghadiri peluncuran Program Pasti Beraksi di Makassar. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Makassar - Kota Parepare, Sulawesi Selatan, menjadi Lokus inisiasi dan replikasi tahun 2022-2023 dalam program Penanganan Anak Tidak Sekolah Berbasis Aksi Kolaborasi atau PASTI BERAKSI.


Program ini diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Bappelitbangda yang bekerja sama dengan Unicef di Baruga Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Kamis (28/7/2022).


Dalam aksi kolaborasi ini, ada 12 Kabupaten Kota di Sulsel yang telah menjadi Lokus inisiasi dan replikasi pada 2020-2023.


Daerah tersebut adalah Kabupaten Bone, Takalar, Pangkep, Sidrap, Wajo, Tana Toraja, Luwu, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, dan Makassar.

Sementara Parepare menjadi Lokus inisiasi dan replikasi untuk 2022-2023 bersama 11 Kabupaten dan Kota lainnya yakni Kabupaten Maros, Barru, Enrekang, Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Soppeng, Selayar, Sinjai, dan Toraja Utara


Aksi ini merupakan tindak lanjut Peraturan Gubernur Sulsel Nomor 71 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Percepatan Penanganan Anak Tidak Sekolah. 


Peluncuran program ini dibuka oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan dihadiri oleh Forkopimda Sulsel, Wali Kota, Bupati, Wakil Wali Kota, Wakil Bupati se-Sulsel.


Dalam sambutannya, Andi Sudirman menekankan pentingnya anak-anak putus sekolah maupun yang tidak sekolah sama sekali, untuk kembali meraih masa depan.


"Karena anak adalah aset bangsa yang nantinya akan melanjutkan kehidupan bangsa di masa yang akan datang," pesan Andi Sudirman.


Aksi ini turut mendapat dukungan dari unsur CSR di antaranya Bank Sulselbar, Kalla Group, dan beberapa perusahaan lainnya. Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2022.


Dari Parepare, Hadir Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim yang mewakili Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun yang mewakili Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha.


Kemudian Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare Makmur mewakili Kepala Disdikbud Parepare, Arifuddin Idris, Kabid SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede Alamsyah Wakkang, dan Bagian Pemerintahan, A Mallombassang.


Penulis: Arsyad/C