Pangkep Belum Rencanakan PSBB Meski Kasus Positif Covid-19 Meningkat

Total 65 positif, di antaranya 43 orang dinyatakan sembuh, 5 orang meninggal dunia, dan 14 orang masih tengah menjalani perawatan.

Pangkep Belum Rencanakan PSBB Meski Kasus Positif Covid-19 Meningkat
Data kasus Covid-19 di Kabupaten Pangkep. (IST)






KABAR.NEWS, PANGKEP - Kasus positif terpapar virus korona atau covid-19 di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) terus bertambah hingga mencapai angka 65 orang .

 

Dari jumlah total 65 positif, di antaranya 43 orang dinyatakan sembuh, 5 orang meninggal dunia, dan 14 orang masih tengah menjalani perawatan.

 

Dikatakan Juru bicara Tim gugus penanganan covid-19 Pangkep, dr Annas Ahmad, dari presentase kasus angka kesembuhan di kabupaten Pangkep sebesar 70,8 persen, angka kematian 7,7 persen, dan 21,6 persen menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

 

"Bersyukur pula karena angka kesembuhan tinggi. Namun demikian, kita berharap  dengan kesadaran kita semua untuk terus menjaga protokol kesehatan,"ujarnya, Selasa, (14 /7/2020).

 

Lanjut dikatakannya, angka kesembuhan diharap terus meningkat mencapai 100 persen tanpa penambahan kasus baru atau meninggal. Hal ini tentu akan dapat tercapai jika seluruh elemen masyarakat kabupaten Pangkep benar-benar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas keseharian. 

 

"Siapapun kita, apapun aktivitas kita, mari terus menggunakan masker, tidak keluar rumah jika tidak penting, tidak berkumpul atau menghindari keramaian dan selalu membiasakan diri mencuci tangan," terangnya.

 

Ia pun menekankan bahwa mewujudkan Pangkep sebagai zona hijau covid-19 adalah hal yang mustahil tanpa dukungan dan keterlibat seluruh elemen masyarakat Pangkep.

 

“Olehnya itu jangan biarkan kami berjuang sendiri, mari kita bersama-sama mengatasi pandemi ini sesuai peran kita masing-masing. "Bila tak bisa berbuat sesuatu, maka minimal berdiam dirumah saja akan sangat bermakna bagi pencegahan penyakit menular ini,"katanya.

 

Upaya penerapan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) saat ini belum diwacanakan di Kabupaten Pangkep. Sementara melihat angka positif covid-19 terus bertambah hingga saat ini.

 

Penulis: Saharuddin/B