Pangerang Rahim Harap Bimtek SPIP Parepare Wujudkan Pemerintahan Bersih

*SIPP merupakan hal penting

Pangerang Rahim Harap Bimtek SPIP Parepare Wujudkan Pemerintahan Bersih
Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Taufan Pawe, membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Mandiri Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2022 di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu (20/4/2022). (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Parepare - Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Taufan Pawe, membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Mandiri Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2022 di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu (20/4/2022).


Pelaksanaan Bimtek SPIP tersebut, kata Pangerang merupakan hal yang penting dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.


SPIP bertujuan memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan Pemerintah Kota Parepare.


"SPIP diharapkan dapat mencegah terjadinya penyimpangan yang mempengaruhi perolehan opini pemeriksaan WTP. Ini berarti jika diimplementasikan dengan baik maka program dan kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan sesuai tujuan yang diharapkan," ucap Pangerang.


"Olehnya itu, saya berharap kepada seluruh peserta Bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik," ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Pangerang Rahim juga menekankan agar Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Kota Parepare dapat meningkatkan kapabilitas dan kompetensi karena keberhasilan pembangunan bergantung pada pengawasan internal. 


Peran APIP yang efektif, kata dia tidak hanya ditunjukkan dengan skor atau level Kapabilitas APIP, melainkan APIP dapat berperan secara efektif dalam memberikan layanan assurance dan consulting pada proses tata kelola pemerintahan di Kota Parepare. 


"Dengan SPIP dan APIP yang efektif diharapkan dapat terwujudnya Good Governance dan Clean Government. Hal tersebut dilaksanakan dengan melakukan pengendalian intern, khususnya dalam pengelolaan administrasi keuangan daerah sesuai dengan tuntutan paradigma auditor internal yang dikehendaki pada saat ini," tandas  Pangerang.


Penulis: Arsyad/C