PAN Sinjai Usulkan Dua Kadernya Diberhentikan dari Anggota DPRD

*Dianggap langgar AD/ART partai

PAN Sinjai Usulkan Dua Kadernya Diberhentikan dari Anggota DPRD
Rapat Pleno dan Evaluasi Pengurus DPD PAN Sinjai, Selasa (4/1/2022). (KABAR.NEWS/Syarif)






KABAR.NEWS, Sinjai - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, memutuskan memberhentikan dua anggota partai yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD setempat.


Keduanya adalah Kamriyanto yang juga Sekretaris PAN Sinjai dan Andi Nurbaeti. Dua legislator tersebut terancam Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPRD Sinjai.


Keputusan mengganti keduanya dari kursi parlemen dibahas dalam rapat pleno dan evaluasi pengurus di Kantor DPD PAN Sinjai, Selasa (4/1/2022). Pertemuan ini dipimpin Ketua PAN Sinjai, Mappahakkang. 


"Berdasarkan hasil rapat, kesepakatan dari teman-teman di DPC dan keputusan bahwa Sekretaris pengurus DPD PAN kabupaten Sinjai dalam hal ini saudara Kamriyanto digantikan oleh A Aswar Patunruang, dan mengusulkan 2 anggota DPRD Sinjai untuk dilakukan PAW," kata Mappahakkang.


Mappahakkang menjelaskan alasan mendasar pemberhentian Sekretaris DPD PAN Sinjai dan pengusulan untuk dilakukan PAW, karena kedua kader tersebut dianggap tidak taat aturan partai.


"Kedua kader tersebut dianggap lalai dalam menjalankan AD/ART dan hasil Rakernas PAN, di antaranya lalai dalam menyelesaikan kewajibannya dalam hal ini kompensasi ke partai selama 24 bulan," ungkapnya.


"Insya Allah keputusan rapat pleno kali ini secepatnya dan paling lambat besok, Rabu (5/1/2022) akan kami teruskan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) untuk ditindaklanjuti," tandas Mappahakkang.


Baik Kamriyanto dan Andi Nurbaeti belum menanggapi keputusan DPD PAN Sinjai untuk memberhentikan mereka.


Penulis: Syarif/A