PA Jeneponto Harap Lurah dan Imam Desa Paham Aplikasi E-Court

- Disosialisasikan

PA Jeneponto Harap Lurah dan Imam Desa Paham Aplikasi E-Court
Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, mensosialisasikan layanan aplikasi Ecourt kepada lurah dan imam desa. (KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, mensosialisasikan layanan berbasis elektronik yakni aplikasi e-court untuk mempermudah pelayanan perkara.


Dalam acara ini, PA Jeneponto mengajak para desa-lurah serta imam desa untuk memahami e-court yang digelar di aula kantor Kecamatan Binamu, Jeneponto, Kamis, (21/1/2021) kemarin.


"Sistem ini kita berlakukan guna memudahkan masyarakat terkait layanan perkara perceraian, pengesahan nikah dan dispensasi nikah agar tidak lagi  kekantor untuk antri dan melapor apalagi saat ini  masih pandemi dan guna menghindari penyebaran covid-19," ujar Kepala PA Jeneponto, Muh. Imran, saat dikonfirmasi KABAR.NEWS, Jumat (22/1/2021).


Dia menyebut, layanan ini sudah dibuka di beberapa desa dan kelurahan serta kecamatan, akan tetapi PA Jeneponto memfokuskan di desa/kelurahan dan kecamatan terdekat karena kurangnya anggaran.


"Kami sudah melakukan sosialisasi berbasis elektronik ini ke beberapa desa kelurahan masing - masing kecamatan terdekat dulu karena kami masih terkendala dengan kurangnya anggaran sebab butuh biaya besar untuk melakukan kegiatan ini," jelasnya.


Ia menyebut, bahwa PA Jeneponto mempunyai program sidang di tempat (keliling) di tahun 2020 yakni pendaftaran perkara dan persidangannya dilakukan di desa atau kelurahan. Dimana masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Kelara menjadi titik prioritas PA karena lokasinya jauh dari kota. 


Penulis: Akbar Razak/B