Oknum LSM Diciduk Polisi Diduga Peras Kades di Wajo

Polisi amankan uang Rp8,9 juta

Oknum LSM Diciduk Polisi Diduga Peras Kades di Wajo
Ketiga pelaku (tengah) yang diamankan Satreskrim Polres Wajo. (IST)












KABAR.NEWS, Wajo - Tiga orang oknum anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) kini harus berurusan dengan hukum dan ditahan di Mapolres Wajo, Senin (22/3/2021) siang.


Tiga orang berinisial BA, AR, dan RE itu diketahui merupakan LSM dari Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPN-RI). Mereka terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) diduga memeras salah satu Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Sabbang Paru, Wajo.


Kapolres Wajo AKBP Muhammad Islam mengatakan, penangkapan tiga oknum anggota LSM ini berawal dari adanya laporan masyarakat.


"Siang tadi diamankan oleh Sat Reskrim dan Unit Tipidkor, mereka tertangkap tangan saat melakukan pemerasan. Diamankan di sekitaran Terminal Calaccu. Iya, yang diperas itu salah satu Kades," jelas Muhammad Islam dalam keterangan tertulisnya.


Perwira dua bunga melati ini mengungkapkan pihaknya juga mengamankan sejumlah uang tunai jutaan rupiah dari tangan ketiga pelaku.


"Oknum LSM tersebut melakukan dugaan pemerasan kepada kades dengan cara memintah sejumlah uang senilai Rp10 juta dengan maksud tidak akan melaporkan kepala desa tersebut ke Kejati Sulsel," ucapnya.


Namun, Kades yang diperas hanya menyanggupi uang senilai Rp8,9 Juta. Mereka pun saling berkoordinasi untuk menentukan lokasi bertemu.


"Barang bukti berupa uang tunai pecahan 100 ribu sebanyak 89 lembar senilai Rp8,9 juta, 4 unit handphone, 1 bundel laporan pengaduan LSM, 1 unit mobil," tandasnya.


Ketiga pelaku tersebut kini sudah berada di Mapolres Wajo bersama barang bukti untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Penulsi: Reza Rivaldy/B