Nusantara Ekspor, Balai Karantina Pertanian Makassar Target Rp350 M

Secara nasional Kementerian Pertanian menargetkan Rp17 triliun komoditi pertanian untuk diekspor.

Nusantara Ekspor, Balai Karantina Pertanian Makassar Target Rp350 M
Kepala Balai Karantina Pertanian Makassar, Luthfie Natsir.

KABAR.NEWS, Makassar - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar akan menggelar Nusantara Ekspor secara hybrid di Terminal Petikemas Makassar pada 24 Maret 2022. Nusantara ekspor rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. 

Kepala BBKP Makassr, Luthfie Natsir mengatakan Nusantara Ekspor diselenggarakan dalam rangka memeriahkan persiapan gelaran Presidensi G20 pada Kelompok Kerja Pertanian Tahun 2022. Mantan Kepala Inspektorat Sulsel ini menyampaikan pelaksanaan Nusantara Ekspor merupakan satu dari lima agenda ekspor komoditas pertanian pada tahun ini. 

"Empat kegiatan lainnya yakni Kartini Ekspor pada April, Bangkit Ekspor pada Mei, Merdeka Ekspor pada Agustus dan Gebyar Ekspor pada Desember," ujarnya saat jumpa pers di Hai Hong Kafe Makassar, Selasa (15/3). 

Khusus Nusantara Ekspor, ia mengungkapkan akan diikuti oleh 50 pintu pengeluaran ekspor secara daring. Target nilai komoditas pertanian yang diekspor pada kegiatan kali ini mencapai Rp17 triliun secara nasional. 

"Khusus Sulsel menargetkan dapat menembus angka Rp350 miliar. Kami optimistis target tersebut dapat tercapai mengingat potensi ekspor komoditas pertanian asal Sulsel sangat menjanjikan," bebernya.  

Begitu banyak komoditas pertanian di daerah ini yang diminati pasar luar negeri. Namun, diakuinya memang butuh pendampingan guna memastikan komoditas pertanian itu aman dan layak.

"Sejauh ini (untuk Sulsel) baru Rp257 miliar, target Rp350 miliar," sebutnya. 

Ia menambahkan sampai saat ini pihaknya terus mendorong agar ekspor pertanian di berbagai kabupaten/kota lingkup Sulsel dapat terus meningkat. Untuk itu, pihaknya bahkan melakukan pendampingan, seperti di Kabupaten Gowa.

Koordinator Karantina Tumbuhan BBKP Makassar, Nuni Ujiani Natsir, menambahkan ada 10 komoditas pertanian andalan asal Sulsel yang akan diekspor pada Nusantara Ekspor 2022. Komoditas pertanian itu beragam, seperti kacang mete, kopi, udang dan lain-lain, yang berasal dari berbagai kabupaten/kota.

"Negara tujuan ekspor bervariatif, mulai dari Australia, China, Jerman, India, Belanda, Korsel, Arab Saudi, Inggris hingga Amerika Serikat,"ucapnya.