Skip to main content

Nilai Tukar Rupiah Menguat di Posisi 14.265 per Dolar AS

Nzksk
Ilustrasi. (Int) 

KABAR.NEWS - Hari ini (16/8) nilai tukar rupiah menguat sebesar 0,06 persen terhadap mata uang dolar. Saat ini tercatat di posisi Rp.14.265 per dolar AS dibanding kemarin (15/8) yakni di angkat Rp14.272 per dolar AS.

 

Tidak hanya di Indonesia, sebagian besar mata uang utama Asia yakni dolar Singapura (0.02%), Korea Selatan (0,06%), ringgit Malaysia (0,06%), baht Thailand (0,09%), dan peso Filipina (0,17%).

 

Ada beberapa faktor yabg menyebabkan rupiah menguat diantaranya Surat Berharga Negara (SBN) yang sudah cukup tinggi. Selain itu, mengutip dari CNN Indonesia, Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan. "Pergerakan rupiah disebabkan ekspektasi pelaku pasar bahwa bank sentral AS The Fed akan menurunkan suku bunga acuannya, Fed Rate. The Fed diharapkan bisa menjadi penawar dari kebijakan perang dagang yang dikeluarkan Presiden AS Donald Trump," katanya. 

 

Dari penguatan ini, ada beberapa dampak positif salah satunya menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dinilai akan membawa dampak positif bagi produk makanan olahan Indonesia. Penguatan tersebut dinilai akan membuat harga baku impor menurun sehinggga berdampak pada daya saing produk.

 

loading...