Netizen Cibir Spanduk Hari Kesaktian Pancasila, Sekwan Sinjai Minta Maaf

1 Oktober disangka hari lahir Pancasila

Netizen Cibir Spanduk Hari Kesaktian Pancasila, Sekwan Sinjai Minta Maaf
Spanduk ucapan selamat Hari Kesaktian Pancasila oleh DPRD Sinjai yang dicibir pengguna internet. (Facebook)












KABAR.NEWS, Sinjai - Spanduk ucapan peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021 oleh DPRD Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menjadi sasaran cibiran pengguna internet di dunia maya. Sekwan pun menyampaikan maaf.


Sebabnya adalah spanduk yang terpajang di pagar lapangan tenis Sinjai Utara itu, keliru atau salah menuliskan hari bersejerah tersebut. 


Spanduk yang menampilkan wajah pimpinan DPRD Sinjai itu tertulis "Hari Lahir Pancasila" yang seharusnya, "Hari Kesaktian Pancasila" yang diperingati setiap 1 Oktober.  Hal inilah dikomentari oleh netizen, salah satunya akun Facebook bernama AzHis Cool. 


Pada unggahannya, Sabtu (2/10/2021), AzHis Cool mempertanyakan apakah memang DPRD Sinjai gagal paham terkait Hari Kesaktian Pancasila. "Mohon maaf, Saya yang gagal paham atau ini yang salah cetak?" tulis akun tersebut yang direspons sejumlah komentar netizen.


Senada dengan akun tersebut, Facebook AR Raniri juga mempertanyakan "Bukannya Hari Lahir/jadi Pancasila 1 Juni!?? Kesaktian Pancasila 1 Oktober," tanyanya. 


Foto Spanduk itu juga diposting oleh akun Hand Sanitizer di Grup Facebook Suara Rakyat Sinjai dengan Caption "Waduh….waduh…Makin Gawat Aja ini., Asal buat ucapan saja ini, DPR lucu juga yah" juga ditanggapi oleh netizen.


"yah sangat lucu ini spanduk…1 Oktober hari kesaktian Pancasila, yaitu dengan adanya peristiwa G 30 S PKI.. sedangkan, 1 Juni hari lahirnya Pancasila….paya juga ini.. belajar sejarah" tulisnya akun Drsh Husainbhafadal shmh


Sementara itu Sekretaris DPRD Sinjai, Janwar yang dikonfirmasi KABAR.NEWS, menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan pengetikan pada saat didesain.


"Mohon maaf ini murni kesalahan pengetikan pada saat desain oleh tim Subag Humas DPRD dan saya mohon maaf atas kesalahan  ini," ucapnya.


Janwar mengatakan spanduk yang viral itu sudah dibuka atau dilepas. "Sudah dicabut dari kemarin (Juma) sore," katanya.


Penulis: Syarif/