Skip to main content

NasDem: Tim Sukses Jokowi jadi Komisaris BUMN Bukan Titipan

presiden jokowi
NasDem: Tim Sukses Jokowi jadi Komisaris BUMN Bukan Titipan Ilustrasi. (INT)

KABAR.NEWS, Jakarta - Politisi Partai Nasdem Hamdhani tak yakin sejumlah tim sukses Presiden Joko Widodo yang menjadi komisaris BUMN merupakan titipan.

Anggota Komisi VI DPR RI ini menilai saat ini pengelolaan negara jauh dari profesionalitas.

Menurutnya meski ada tim sukses Jokowi duduk di komisaris BUMN, namun Jokowi pasti memilih orang yang profesional.

"Presiden selalu melihat orang yang profesional, jadi bukan dengan titipan-titipan," ujar Hamdhani, Kamis (19/7/2018) dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Lebih lanjut Hamdhani menilai praktik titip orang sejatinya bisa dihindari dengan memperketat aturan. Salah satunya RUU BUMN yang sedang digodok Komisi VI DPR. 

Ia berharap UU BUMN nanti bisa menghilangkan praktik titip orang yang sudah berlangsung lama di dalam manajemen BUMN.

"Kalau ada titipan-titipan, titipan presiden atau titipan siapa lah, bisa kita hindari lewat aturan yang jelas," pungkasnya.

Sebelumnya ekonom senior Rizal Ramli pernah mengatakan pihak yang duduk di level komisaris BUMN bukan orang-orang yang kompeten dibidangnya. Salah satu contoh Fadjroel Rachman yang duduk sebagai Presiden Komisaris PT Adhi Karya.

Menurut Rizal keberadaan Fadjroel di Adhi Karya bukan membuat perusahaan konstruksi milik negara itu untung di tengah banyaknya proyek pembangunan yang berlimpah, tapi malah sebaliknya.