NasDem Nilai Pemkot Makassar Lalai karena Asetnya Diserobot Sorum

Di Tello

NasDem Nilai Pemkot Makassar Lalai karena Asetnya Diserobot Sorum
Anggota Fraksi NasDem DPRD Makassar, Supratman. (Humas DPRD Makassar)

KABAR.NEWS, Makassar - Anggota Fraksi NasDem DPRD Kota Makassar, Supratman, merasa geram atas pembangunan sorum di atas aset milik Pemkot Makassar di Jalan Urip Sumiardjo (Tello) kembali dilanjutkan.


Supratman yang juga Ketua Komisi A DPRD Makassar mengungkapkan, pembangunan tersebut harus dihentikan. Sebab lahan yang digunakan membangun tercatat sebagai aset milik Pemkot Makassar.


"Meski lahan itu tidak memiliki alas hak atas kepemilikan pemkot, tetap berdasarkan data di Badan Keuangan dan Aset itu tercatat milik pemkot," terang Supratman, Jumat (19/2/2021).


Ia menilai selama ini Pemkot Makassar kurang telaten menginventalisir aset-aset, sehingga mudah dicaplok oleh orang per orang. "Itukan banyak sekali fasum yang diserahkan pengembang atau perumahan namun tidak dibuatkan sertifikat atas kepemilikan pemkot," katanya.


Sehingga kasus-kasus penyerobotan seperti pembangunan sorum di Tello banyak terjadi. "Saya ingat di tahun-tahun 90-an lokasi itu dulunya adalah terminal bajai, lalu beralih fungsi menjadi taman. Mengapa ketika lokasi itu dibangun pemkot tinggal diam dan tidak memprotes hingga muncul sertifikat atas nama pribadi pada tahun 2013," katanya.


Olehnya Komisi A meminta agar Pemkot tegas soal aset tersebut dan aset-aset yang lain untuk segera diinventarisir agar kasus yang sama tidak kembali terulang. "Kita minta Pemkot tegas, kalau ada aset yang dikuasai, jangan tinggal diam harus dikejar," katanya.


Penulis: Rahma Amin/B