NasDem Luwu Jagokan Hayarna Basmin ke Senayan

* Hayarna punya pengalaman

NasDem Luwu Jagokan Hayarna Basmin ke Senayan
Hayarna Basmin (kanan) menyampaikan sambutan pada deklarasi dan perayaan hari jadi Partai NasDem ke-11 tahun di Belopa, Luwu, Jumat (11/11/2022). (IST)

KABAR.NEWS, Belopa - Partai NasDem Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menjagokan Hayarna Hakim Basmin untuk menjadi calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI pada Pemilu 2024.


Hayarna tidak lain adalah istri Bupati Luwu, Basmin Mattayang dan ibu kandung dari Ketua NasDem Luwu, Arham Basmin. Hayarna bakal diplot sebagai  caleg DPR RI dari Dapil 3 Sulsel.


Hayarna dideklarasikan untuk bertarung ke Senayan dalam acara perayaan hari jadi NasDem ke-11 tahun yang digelar di kantor NasDem Luwu, Belopa, Jumat (11/11/2022). Arham menyebut sosok ibunda punya pengalaman sebagai anggota parlemen.


“Di kalangan politisi, nama Haryana Hakim sudah sangat dikenal, selain pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Luwu, Etta (Ibu, red) juga mendampingi Bupati Luwu selama dua periode sebagai Ketua PKK, tentunya beliau sudah sangat berpengalaman dalam hal mengurus rakyat," kata Arham dalam keterangan tertulis.


Menurut Arham, perjuangan mengantar Hayarna ke Senayan beriringan dengan pemenangan Anies Baswedan sebagai bakal capres usungan NasDem. 


“Sementara Hayarna Hakim didorong maju sebagai anggota DPR RI dan menjadi satu-satunya figur yang diusung oleh NasDem Luwu mendampingi Rusdi Masse," jelas Ketua KNPI Sulsel tersebut.


Pemilu 2024 bukan panggung pertama Hayarna Basmin bertarung ke Senayan. Pada tiga tahun lalu, bekas politisi Golkar ini turut menjadi caleg NasDem. Namun, ia tak meraih suara yang cukup untuk duduk di DPR RI.


Selain Hayarna sejumlah politisi asal Kabupaten Luwu juga sudah memproklamirkan diri untuk majus sebagai Pileg yang akan digelar pada 2024 mendatang. Mereka antara lain mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, Andi Unru Baso Suli dan figur lainnya.