Naoemi Apresiasi Character Building Tenaga Pendidik Sulsel

* Dianggap penting membangun karakter tenaga pendidik dan siswa

Naoemi Apresiasi Character Building Tenaga Pendidik Sulsel
Ketua TP PKK Sulsel Naoemi Octarina membuka workshop pendidikan karakter tenaga pendidik yang digelar Disdik Sulsel di Makassar. (IST)






KABAR.NEWS, Makassar – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Naoemi Octarina membuka workshop pembentukan dan penguatan karakter kader pendidikan yang digelar Disdik Sulsel di Makassar, Senin (19/12/2022).


Pada kesempatan tersebut, Naoemi menyebutkan pembentukan karakter bagi tenaga pendidik saat ini sangat dibutuhkan, mengingat pergeseran perilaku manusia di era milenial perlu dibarengi dengan pemahaman teknologi oleh tenaga pendidik.


“Era saat ini telah mengalami pergeseran dari analog menjadi digital saat ini yang harus dipahami oleh tenaga pendidik, sehingga dengan workshop pembentukan karakter ini sangat penting untuk kemajuan pendidikan di Sulsel," kata Naoemi.


Naoemi juga menyampaikan apresiasi kepada Disdik Sulsel yang menggelar kegiatan ini. Ia berharap pelatihan yang diikuti 100 orang tenaga pendidik ini mampu memberikan kontribusi besar terhadap dunia pendidikan.


“Karakter adalah ciri atau karakteristik individu yang menetap dan merupakan bawaan sejak lahir, sehingga tiap orang berbeda-beda wataknya atau biasa juga disebutkan sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya,” kata Naoemi.

Menurut Naoemi, pembentukan karakter tenaga kependidikan adalah sebuah usaha dalam melakukan pembinaan dan memperbaiki serta membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti). 


Bekal karakter tersebut diharap bisa dimplementasikan kepada anak-anak didik, sehingga membentuk perilaku yang semakin baik berlandaskan nilai-nilai agama dan Pancasila selaku dasar negara. 


“Didiklah anakmu sejak 25 tahun sebelum ia lahir. Sudah diberikan peringatan pula bahwa akan ada masa, kita harus mendidik mereka sesuai zaman kelahiran dari generasi tersebut," ucap Naoemi.


“Kita wajib bersyukur bahwa beberapa materi materi yang akan disampaikan hari ini sangat penting untuk perbaikan tindakan kita ke depan untuk menjadi role model, support sistem bagi anak didik kita,” tambahnya.


Adapun character building ini mengusung tema "Menumbuh kembangkan Karakter tenaga Kependidikan Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Karakter Yang Kreatif, Inovatif, dan Berintegritas".