Nakes RSUD Bantaeng Terima Vaksin Dosis Ketiga Pakai Moderna

Diklaim pertama di Sulsel

Nakes RSUD Bantaeng Terima Vaksin Dosis Ketiga Pakai Moderna
Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin memantau jalannya vaksinasi dosis ketiga di RSUD Bantaeng. (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Bantaeng -  RSUD Prof. Anwar Makkatutu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar vaksinasi Covid-19 dosis ketiga kepada tenaga kesehatan rumah sakit ini pada Jumat (6/8/2021). Booster atau suntikan ketiga ini memakai vaksin jenis Moderna dan diklaim pertama di Sulsel.


Direktur RSUD Prof Anwar Makkatutu Bantaeng, dr. Sultan mengatakan pihaknya mendapat 10 vial vaksin Covid-19 dosis ketiga dari dinas kesehatan. Dalam satu vial, berisi 14 dosis. Artinya 140 tenaga kesehatan. Ditargetkan 70 nakes memperoleh vaksin moderna.


"Kita berharap, teman - teman tenaga kesehatan baik itu dokter, perawat, bidan bisa mendapatkan imun yang bagus agar dapat lebih memproteksi dirinya lalu kemudian memproteksi masyarakat," kata Sultan dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8/2021).

Dia juga mengatakan, rumah sakit di Bantaeng yang pertama melaksanakan vaksinasi moderna untuk tenaga kesehatan di Sulawesi Selatan.


"Dari hasil pemantauan kami, untuk kabupaten, Bantaeng rumah sakitnya yang pertama melaksanakan vaksinasi moderna untuk tenaga kesehatan. Sebelumnya RS Wahidin, namun RS Wahidin itu vertikal," kata dia.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan mengatakan vaksinasi moderna diperuntukkan untuk para tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang telah lengkap vaksin sinovac keduanya.


"Ke depannya 1.334 nakes di Bantaeng akan melakukan vaksinasi moderna. Persediaan vaksin moderna kami sebanyak 62 vial atau 868 dosis," kata dia. 


Sementara, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengatakan vaksinasi ketiga untuk para tenaga kesehatan diharapkan dapat meningkatkan imun tenaga kesehatan dan melakukan percepatan dalam penanganan pandemi Covid-19.


"Teman - teman tenaga kesehatan adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Upaya vaksinasi ketiga merupakan bagian dari melindungi tenaga kesehatan yang setiap saat bersentuhan langsung dengan pasien," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/C