Musra II Sulsel Ditunda karena Jokowi Tak Bisa Hadir

* Akan tetap digelar menyesuaikan jadwal presiden

Musra II Sulsel Ditunda karena Jokowi Tak Bisa Hadir
Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus (ketiga kiri) menundukan kepala sebagai permohonan maaf ditundanya Musra II Sulsel. (HO)






KABAR.NEWS, Makassar - Musyawarah Rakyat (Musra) II Sulawesi Selatan (Sulsel) ditunda karena Presiden Joko Widodo atau Jokowi berhalangan menghadiri kegiatan penjaringan kandidat Capres-Cawapres 2024 tersebut.


Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus mengatakan, Jokowi tiba-tiba berhalangan hadir membuka musra yang sedianya digelar di Celebes Convention Center (CCC), Kota Makassar, Minggu, 2 Oktober 2022. 


"Kenapa kita tunda pertama ini berkaitan dengan kehadiran Presiden Jokowi yang berdasarkan informasi yang kami terima tadi siang sebelum salat Jumat, kita mendapatkan informasi bahwa presiden berhalangan hadir di Makassar," ujar Panel di Hotel The Rinra, Makassar, Sabtu (30/9/2022). 


Panel menyebut, kehadiran Jokowi menjadi faktor yang penting dalam proses pelaksanaan Musra II Sulsel karena antusiasme warga yang begitu besar untuk berpartisipasi dalam acara politik ini.


"Antusiasmenya begitu tinggi karena mendengar kehadiran Presiden Republik Indonesia jadi ada kerinduan yang begitu tinggi dari masyarakat Sulsel untuk bisa bertemu dengan Presiden Jokowi dan momentumnya adalah di Musra II Sulse,l" bebernya. 


Meski demikian, pihaknya mengaku kegiatan Musra II Sulsel tetap dihelat di CCC. Namun untuk waktu pelaksanaannya, Panel masih berkoordinasi untuk menyesuaikan jadwal Jokowi. Bahkan ia berharap Musra II Sulsel tetap bisa digelar di bulan Oktober. 


"Karena presiden berhalangan hadir acaranya kita tunda sampai batas waktu yang tepat dan kita akan menyesuaikan dengan jadwal presiden," katanya.


Sebenarnya, kata Panel, persiapan Musra II Sulsel pada Minggu besok sudah matang dan kurang - lebih 25 ribu peserta juga telah siap hadir. 


"Mudah-mudahan bisa tetap kita laksanakan masih di bulan yang sama karena memang secara jadwal di sisa waktu ini Musra ke depan akan semakin padat mungkin bisa dalam 1 bulan itu 4 atau 5 Musra untuk bisa kita selesaikan sampai Maret tahun depan," tandasnya. 


Atas penundaan ini, Panel mewakili kelompok Relawan Jokowi meminta maaf kepada masyarakat Sulsel. 


"Mudah - mudahan pelaksanaan Musra yang akan kita gelar ke depan di Sulsel para pihak yang telah membantu ini tidak patah semangat untuk tetap bersama dengan panitia menyiapkan Musra II Sulsel supaya bisa terselenggara dengan maksimal di Sulsel," tutupnya. 


Sekadar diketahui, Musra II Sulsel merupakan acara lanjutan dari acara yang sebelumnya digelar di Jawa Barat.