Muslimat dan Fatayat NU Toraja Berbagi Makanan Peringati Isra Mikraj

*Menyasar berbagai kalangan

Muslimat dan Fatayat NU Toraja Berbagi Makanan Peringati Isra Mikraj
Muslimat dan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) saat memberikan sedekah kepada masyarakat di Makale, Tana Toraja, Kamis (17/03/2022). (KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Makale - Muslimat dan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Tana Toraja, Sulawesi Selatan, turun membagi-bagikan makanan di sejumlah tempat di Makale, Tana Toraja, Kamis (17/03/2022).


Pembagian sedekah tersebut dilakukan di pinggir jalan. Beberapa lokasi keramaian juga disasar yakni di Terminal Makale, pasar, pangkalan ojek, dan sejumlah pedagang kaki lima. Agenda ini digelar serangkaian dengan pelaksanaan Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw di gedung Madrasah Tsanawiyah, Kamali, Makale.


Ketua Muslimat NU Toraja Rosmawati mengatakan, berbagi sedekah ini merupakan agenda sosial Muslimat dan fatayat NU dalam rangka silaturahmi untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.


Agenda seperti ini diharapkan menjadi agenda rutin, bukan saja di saat adanya momen keagamaan seperti Isra Mikraj.


"Agama mengajarkan kita untuk berbagi sebagai bagian dari mempererat hubungan antar sesama dan yang terpenting adalah peningkatan amal jariyah," katanya.


Sementara itu Ketua Pengurus Cabang NU Tana Toraja Achmad Toago, dalam pesan Isra Mikraj mengatakan, acara ini tidak hanya berbatas pada peningkatan ibadah dan ketakwaan kepada pencipta.


Namun, pada dasarnya seluruh umat Islam harus meneladani Rasulullah SAW, baik pada konsistensi takwa berupa salat lima waktu, maupun pada peningkatan ukhuwah Islamiyah.


"Di Toraja ini, bagaimana Aswaja berkembang. NU dalam rangkaian sosial keagamaan selalu rutin melakukan pengajian dan tahlilan di rumah keluarga yang sedang berduka," ujarnya.


Dia juga mengaku salut dengan toleransi dan keberagaman yang ada khususnya di Toraja. Dimana perbedaan kepercayaan di masyarakat Toraja tak menghalangi eratnya hubungan sosial.


Penulis: Febriani/B