Musim Hujan, Kapolres Pangkep Ingatkan Siaga Bencana

Dandim Pangkep Wanti-wanti Antisipasi Dini

Musim Hujan, Kapolres Pangkep Ingatkan Siaga Bencana
Rapat koordinasi Forkopimda Pangkep dalam membahas kesiapsiagaan mengantisipasi bencana.(Kabar.NEws/Udin)












KABAR.NEWS, Pangkep - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pangkep, AKBP Endon Nurcahyo, mengimbau seluruh jajarannya, termasuk tim tanggap bencana dagar meningkatkan kesiapsiagaan secara penuh untuk mengantisipasi setiap pontesi bencana di wilayah Pangkep selama musim penghujan.

"Saat ini memang belum ada bencana besar terjadi di Pangkep. Kita semua tidak berharap itu (terjadi), tapi wajib untuk tetap waspada dan siaga," katanya saat rapat kordinasi di Aula Endra Darmalaksana, Senin (9/11/2020).

Kesempatan itu dimanfaatkan AKBP Endon Nurcahyo untuk berkoordinasi dengan seluruh jajaran lintas satuan, baik dari unsur kepolisian, TNI, BPBD, Satpol PP, Damkar,  Dinas Sosial, Dinkes hingga unsur pemerintahan tingkat kecamatan dan desa/kelurahan.

"Kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan langkah Pemerintah dalam bentuk perhatian terhadap penanggulangan bencana. Dan saya berharap apa yang dilaksanakan saat ini dengan berbagai instansi bisa menjadi suatu kepedulian kita bersama dalam menangani penanganan bencana," ucapnya. 

Sementara, Dandim 1421 Pangkep, Letkol Inf Adi Sabarudin mengatakan, dalam menangani berbagai bencana, baik bencana alam, bencana non-alam hingga bencana sosial, diperlukan upaya-upaya persiapan. Seperti personil atau tim penanggulangan bencana, penyiapan posko bencana, penyiapan tim medis, dan penyiapan transportasi.

Dikatakan Dandim Pangkep, dalam penanggulangan bencana pemerintah berkewajiban melakukan koordinasi ketingkat atas/pimpinan apabila terjadi bencana.

"Setiap memasuki musim hujan biasanya banjir dan angin puting beliung terjadi di wilayah Kabupaten Pangkep. Nah, sekarang bagaimana kita mengantisipasi penanganan bencana tersebut, jangan nanti terjadi bencana baru membuat posko, sedini mungkin kita harus siap begitu terjadi kita berbuat jangan setelah bencana", ujarnya.

Penulis: Saharuddin/B