Mulai Nyetel di Ansan Greeners, Asnawi: Cuaca Mempengaruhi

Pelatih Ansan Greeners mulai memberikan kepercayaan penuh kepada Asnawi Mangkualam di K-League 2.

Mulai Nyetel di Ansan Greeners, Asnawi: Cuaca Mempengaruhi
Asnawi Mangkualam Bahar saat memberikan assist.












KABAR.NEWS - Asnawi Mangkualam mulai mendapatkan kepercayaan dan tempat utama di Ansan Greeners. Bahkan dipertandingan terbarunya, Asnawi mencatatkan satu assist bagi Ansan Greeners saat menghadapi Daejeon Hana Citizen di Stadion Ansan Wa, Ansan, Sabtu (24/4/2021). 

Dalam laga tersebut, Ansan Greeners menang 1-0 melalui gol Sim Jae-Min. Dalam laga tersebut, penampilan Asnawi mulai klop dengan dengan rekan-rekannya di Ansan Greeners. 

Asnawi mengaku penampilannya mulai meningkat karena sudah beradaptasi dengan cuaca di Korea Selatan. Mantan pemain PSM Makassar ini mengaku saat awal bergabung, dirinya kesulitan beradaptasi dengan suhu dingin di Korsel. 

"Cuaca dingin membuat saya benar-benar kesulitan untuk menyesuaikan diri," ujarnya dikutip dari detik.com, Minggu (25/4/2021). 

Tetapi dengan cuaca di Korsel mulai hangat, hal tersebut mempengaruhi penampilannya. Ia mengaku saat ini cuaca di Korsel sudah tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. 

"Cuaca sekarang sudah mulai mendekati seperti di Indonesia. Cuaca akan sangat berpengaruh terhadap adaptasi saya. Sekarang sudah mulai mendekati cuaca di Indonesia yang akan membuat saya semakin mudah beradaptasi," ujar Asnawi seusai laga kontra Daejeon Hana Citizen, dikutip dari sports-g.

Tak cuma 1 assist saja yang merupakan hal membanggakan dari penampilan Asnawi dalam laga kontra Daejeon. Ia juga mencatat penampilan penuh untuk pertama kalinya di K League 2. 

Dalam tiga laga sebelumnya, ia selalu ditarik keluar pada babak kedua, dengan rincian; main 61 menit lawan Busan IPark, tampil 81 menit Jeonnam Dragons, dan main 66 menit lawna Bucheon FC.

Selain 1 assist, anak legenda PSM Makassar ini juga hampir mencetak gol saat mendapat umpan manis dari Kim Ryun-Do jelang babak pertama berakhir. Sayang Asnawi gagal menyambar umpan itu untuk menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Asnawi juga seharusnya mencatat setidaknya 2 assist lagi. Sayang rekan-rekannya beberapa kali menyia-nyiakan umpan silang Asnawi. Meski cuma 1 assist, ia adalah pemain Indonesia pertama yang melakukannya. Setidaknya sudah ada catatan positif yang mulai didapat Asnawi setelah reguler menjadi bagian skuad utama The Green Wolves.

"Saya sangat kecewa gagal memanfaatkan peluang mencetak gol. Seharusnya saya bisa untuk langsung menendang bola," ujar Asnawi soal kegagalannya mencetak gol.

Sementara itu, kemenangan Ansan atas Daejeon membuat tim asuhan Kim Gil-sik merangsek ke papan atas. Ansan kini menempati posisi ketiga dengan torehan 14 poin berkat hasil empat kali menang, dua kali imbang, dan dua kali kalah.