Skip to main content

Mubes IMMIM, JK Minta Isi Ceramah Masjid Tak Sekadar Soal Keagamaan

Mubes IMMIM, JK Minta Materi Ceramah Masjid Tak Sekadar Soal Keagamaan
Wapres Jusuf Kalla saat membuka Mubes DPP IMMIM di Gedung IMMIM Makassar, Sabtu (19/1/2019).

KABAR.NEWS, Makassar - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyinggung soal peranan masjid tidak sekedar menjadi tempat memajukan keagamaan umat melainkan bisa jadi tempat membahas perkara kehidupan dunia.


Baca juga: Perpres Kendaraan Listrik Baru Keluar Tahun 2019 Ini 

Menurutnya, 800.000 masjid yang naungi Dewan Masjid Indonesia (DMI) harus mampu mengajarkan masyarakat kehidupan akhirat dan dunia, melalui isi- isi khotbah ataupun ceramah.


"Sebaiknya di samping keagamaan, 40 persen khotbah ceramah harus meningkatkan kehidupan masyarakat tentang bagaimana kita berbicara pertanian, pendidikan, kesehatan," ucapnya saat membuka Musyawarah Besar ke-7 Dewan Pengurus Pusat UMMIM di Makassar, Sabtu (19/1/2019).


JK melanjutkan, jika hal tersebut tidak dilaksanakan, maka kehidupan dunia dan akhirat dinilainya tidak akan terealisasi. 


"80 persen orang ke masjid itu selain salat, untuk mendengarkan ceramah, khutbah atau pun isi kotak amal, dulu saya di Makassar saya survei tiap khatib yang bisa membawa khutbah jum'at," ungkapnya.


Baca juga: Bagasi Berbayar Dikeluhkan, DPR: Pikirkan Efek Domino

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan pihaknya telah membuat satu program khusus di bidang keagamaan selama lima tahun, seperti mengaji 15 menit dan pengembangan rumah-rumah Tahfiz.


"Pemprov Sulsel saat ini berupaya terus memperbaiki pembangunan manusia, seiring pembangunan infrastruktur penunjang, terkhusus daerah terisolir, pembangunan stimulan rumah Tahfiz dan sarana ibadah lainnya," ucapnya. 


  • Andi Khaerul

 

loading...