Skip to main content

Monev Keterbukaan Informasi, KIP Sulsel Sambangi Pinrang dan Soppeng

Monev
KIP Sulsel.(IST)


KABAR.NEWS, Makassar -  Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulsel melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di dua kabupaten yakni Pinrang dan Soppeng selama dua hari.


Komisioner KIP Sulsel Radiah Tanrere mengatakan, Monev dilakukan bertujuan untuk monitoring dan evaluasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk peningkatan pelayanan badan publik.


Baca Juga: 


Radiah mengemukakan, pihaknya ingin melihat bagaimana implementasi Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik yang sudah di lakukan di daerah selama ini. 


"Kami ingin melihat sejauh mana pemerintah kabupaten/kota mengimplementasikan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam melayani kebutuhan masyarakat," ungkap Radiah.


Secara spesifik, lebih lanjut, KI Provinsi Sulsel juga melakukan monev untuk melihat sejauh mana kesiapan kabupaten/kota dalam pemeringkatan dan penilaian terhadap keterbukaan informasi di daerah masing-masing.


Sementara itu, Kepala Sekretariat Komisi Informasi Sulsel, Badaruddin menyebut setiap tahun dilakukan pemeringkatan dan penilaian kepada kabupaten/kota terkait kinerja dan keaktifan dalam mendorong keterbukaan informasi publik.


"Kegiatan monev dimulai minggu kedua untuk pendistribusian SAQ ( Self Assesment Questionaire) atau lebih dikenal dengan Penilaian Mandiri. Dan akhir kegiatan monev akan ditutup dengan malam penganugrahan Pemeringkatan badan Publik Pada bulan Desember," Katanya.

  • Andi Khaerul