Skip to main content

Modus Baru Pencuri di Makassar: Berpura-pura Jadi Pemulung

PELAKU PENCURIAN
Pelaku saat diamankan di Mapolsek Ujung Pandang. (IST)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Dua pelaku pencurian dengan pemberatan, Adi (30) dan Daeng Nompo (35), akhirnya diringkus personel Polsek Ujung Pandang di Jalan Andi Makkasau, Kelurahan Bulogading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Rabu (9/1/2019) sekira pukul 10.30 wita pagi.

 

Dua pelaku yang tercatat sebagai warga Jalan Maccini, Makassar ini tertangkap tangan oleh warga sekitar dan petugas Bhabinkamtibmas. Mereka kedapatan tengah memasuki rumah salah satu warga di lokasi kejadian.

 

Kanit Reskrim Polsek Ujung Pandang AKP. Abd. Rahim, mengatakan setelah pihaknya menerima informasi bahwa dua orang mencurigakan di depan rumah tetangganya, anggota langsung ke lokasi dan meringkus kedua pelaku.

 

Keduanya langsung digiring ke Mapolsek. "Pelaku tertangkap tangan di dalam rumah korban. Mereka sementara mengambil beberapa perabotan rumah tangga," ucap AKP Abd Rahim, sesaat lalu.

 

Dari pengakuan, awalnya kedua pelaku melihat kondisi pagar rumah korban tidak terkunci, sehingga mereka pun menjalankan aksinya. Salah satu pelaku masuk ke dalam rumah dan mengambil perabotan rumah tangga seperti, alat adonan kue, besi gorden dan berbagai alat bahan bangunan lainnya. Dalam beraksi, satu pelaku menjaga dan memantau situasi.

 

"Mereka ini modusnya berpura-pura sebagai pemulung dengan membawa gerobak sampah. Jika melihat rumah dalam keadaan kosong, mereka langsung beraksi dan barang-barang hasil kejahatannya disimpan di gerobak sampah yang dibawanya," terangnya.

 

  • Lodi Aprianto