Mobil Kawanan Pencuri di Maros Masuk Kanal, Satu Tewas

Pelaku merupakan warga Jalan Kerung-kerung, Kota Makassar

Mobil Kawanan Pencuri di Maros Masuk Kanal, Satu Tewas
Mobil Pickup yang digunakan ketiga pelaku saat melakukan aksi pencurian tercebur ke kanal.(KABAR.NEWS/Fahrul)






KABAR.NEWS, MAROS - Nasib naas menipa tiga orang pelaku pencurian  di Kabupaten Maros. Mereka masing-masing BH (39), AF (24), dan RM (41). Aksi ketiganya pada Sabtu dini hari (5/5/2020) di rumah kosong yang masih dalam tahap pembangunan dipergoki pemilik rumah di Desa Mattoanging, Kecamatan Bantimurung.

Menurut sang pemilik rumah, Hj Naisa, pelaku melakukan aksi pencurian sekitar pukul 4.00 Wita dini hari. Ia terbangun saat mendengar suara ribut di depan rumahnya yang masih dalam tahap pembangunan. Ia melihat dua orang sedang mengangkat tegel bahan bangunan rumahnya ke atas mobil picup yang terparkir di pinggir jalanan.

"Saya dapati mereka sedang mengangkat tegel yang ada di ruang tamu rumah. Karena saya tidak berani, jadi saya membangunkan keponakan saya. Keponakan saya kemudian berteriak minta tolong kepada warga sekitar dan meneriaki mereka pencuri," kata Naisa, Minggu (6/12/2020).

Pelakupun sempat mengelak dan mengatakan bahwa dirinya bukan pencuri. Namun saat diteriaki pencuri mereka kemudian kabur menggunakan mobil pick up. Warga yang mendengar kegaduahn kemudian mengejar mobil pelaku.

"Warga mengejar mobil pelaku, mobilnya kecelakaan di tikungan di ujung kampung dan tercebur ke sungai," ujarnya.

Sementara itu, di lain tempat, Kasat Reskrim polres Maros, Iptu Rusli menjelaskan, pelaku yang panik kemudian kabur dengan kecepatan tinggi. Akibatnya mobil pick up yang dikendarai ketiga pelaku tersebut hilang kendali dan menambrak pembatas jalan kemudian tercebur ke kanal sekitar 500 meter dari rumah korban.

"Saat kecelakaan, satu orang pelaku berinisial RM tertindih badan mobil di sungai dan meninggal dunia. Sementara dua orang ini BH dan AF mengalami luka di kepala dan badan. Dua ini sempat kabur dan akhirnya tertangkap warga," jelasnya.

Warga yang berhasil mengamankan pelaku kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. Polisi yang tiba di lokasi langsung mengevakuasi jasad pelaku yang meninggal dunia. Sementara dua pelaku lainnya diamankan di Mapolres Maros.

"Ketiganya merupakan warga Kerung-Kerung Makassar yang berprofesi sebagai buruh bangunan. Menurut keterangan pelaku ini pertama kalinya mereka melakukan aksi tersebut. Tapi kita masih selidiki lebih jauh apakah mereka spesialis pencuri keliling atau bagaiman," ujarnya.

Penulis: Fahrul/A