MK Perintahkan Perhitungan Ulang Suara Pilkada Sekadau Kalbar

Untuk satu kecamatan

MK Perintahkan Perhitungan Ulang Suara Pilkada Sekadau Kalbar
Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) mengenakan Alat Pelindung Diri saat hari pencoblosan Pilkada Serentak 2020. (Ilustrasi/KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Jakarta - Mahkamah Konstitusi mengabulkan sebagian permohonan sengketa hasil pemilu (PHPU) Pilkada Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang diajukan oleh Pasangan Calon Nomor Urut 2, Rupinus dan Aloysius. 

“Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian,” ujar Ketua MK Anwar Usman saat membacaan putusan sengketa Pilkada Sekadau dalam sidang yang disiarkan melalui chanel YouTube MK, Jumat (19/3/2021) dikutip dari Beritasatu.com.


MK juga membatalkan SK KPU Kabupaten Sekadau Nomor 372 tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Suara pada 15 Desember 2020 sepanjang perolehan suara semua paslon di seluruh TPS di Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau. 


Jumlah TPS di Kecamatan Belitang Hilir tersebut sebanyak 65 TPS dan MK memerintah dilakukan penghitungan suara ulang di seluruh kecamatan tersebut karena terdapat sejumlah suara tidak sah.


"Memerintahkan termohon (KPU Kabupaten Sekadau) melakukan Penghitungan Suara Ulang di seluruh TPS (65 TPS) di Kecamatan Belitang Hilir dalam waktu paling lama 30 hari kerja sejak diucapkannya putusan oleh Mahkamah,” kata Anwar.


Selain itu, MK juga memerintahkan KPU setempat untuk menggabungkan hasil penghitungan suara ulang dengan hasil perolehan suara awal atau yang tidak mengalami perubahan serta penggabungan tersebut dituangkan dalam SK baru tentang penetapan hasil rekapitulasi suara Pilkada Sekadau 2020, tanpa 
harus melaporkan hasilnya kepada MK.

KPU RI dan Bawaslu RI juga diminta untuk melakukan supervisi kepada jajarannya baik di tingkat provinsi maupun kabupaten Sekadau dalam pelaksanaan penghitungan suara ulang tersebut dan juga pihak kepolisian melakukan pengamanan dalam proses penghitungan suara ulang tersebut.


Sebagaimana diketahui, sengketa hasil Pilkada Kabupaten Sekadau diajukan oleh pasangan petahana Rupinus-Aloysius yang memperoleh 56.479 suara atau 49,2 persen. Sedangkan rivalnya pasangan Aron-Subandrio mendapat 58.023 suara atau 50,8 persen.