Skip to main content

Microsoft Surface Duo, Ponsel Dua Layar Didesain Mirip Galaxy Fold

Microsoft Luncurkan Surface Duo, Ponsel dengan Dua Layar
Smartphone Surface Duo dari Microsoft. (The Next Web)

KABAR.NEWS, New York - Windows resmi memperkenalkan "Surface Duo" sebagai smartphone perdananya jenis Android. Peluncuran ponsel perusahaan sistem operasi komputer itu berlangsung di New York, Amerika Serikat, pada Rabu (2/10/2019).


Dilansir dari CNET, Kamis (3/10/2019), Surface Duo merupakan smartphone lipat berbasis sistem Android yang memiliki dua layar dan ditunjang dengan Google sebagai penyedia aplikasi.


Baca juga: Waduh, Polisi Bisa Tahu Percakapan Pribadi Kita di WhatsApp?

Secara spesifik, Surface Duo tampil sedikit berbeda dengan Samsung Galaxy Fold yang juga memiliki dua layar serta dapat dilipat. Layar Microsoft Surfae Duo berukuran 5,6 inci dan luas perangkat 8,3 inci.


"Produk ini menyatukan yang terbaik dari Microsoft, dan kami bermitra dengan Google untuk menghadirkan yang terbaik dari Android dalam satu produk," kata Kepala Produk Microsoft, Panos Panay. "Ini adalah teknologi yang mendorong industri."


Microsoft telah mencoba selama lebih dari dua dekade untuk bisa membuat smartphone dengan sistem operasi sendiri. Perusahaan ini tak bisa bersaing dengan Google Android dan iOS Apple.


Sebagai gantinya, Microsoft telah memilih untuk mengembangkan perangkat lunak Office dan layanan lainnya ke perusahaan pesaing, termasuk iPhone. Tapi ponsel Surface Duo dengan sistem Android mengambil langkah lebih jauh.


Sebelum Microsoft, sebenarnya hanya ada tiga perusahaan sistem operasi yang memproduksi hand phone dan menghasilkan pendapatan yang lebih dari produk sistem operasinya. Perusahaan tersebut adalah Samsung, Huawei dan Apple.


Selain itu, Microsoft bukan perusahaan pertama yang membuat smartphone dengan dua layar. Sebelumnya ada ZTE's Axom M menekan pasar pada tahun 2017 tetapi tidak benar-benar memicu tren. Namun Surface Duo diharap menjadi ponsel dua layar yang pertama dan benar-benar sukses di pasar.


Baca juga: Call of Duty: Mobile Kini Bisa Dimainkan di Android dan iOS

Ponsel Surface Duo dari Microsoft baru akan beredar di pasar pada awal tahun 2020 dengan harga ditaksir mencapai USD 1.000 atau Rp14 juta. Selain smartphone pada Rabu dini hari tadi perusahaan juga merilis Surface Pro 7, Surface Earbuds, dan Surface Laptop.

 

loading...