Skip to main content

Menyamar Jadi Pembeli Onderdil Motor, Tim Resmob Polres Sinjai Ringkus Pelaku Curanmor

Menyamar Jadi Pembeli Onderdil Motor, Tim Resmob Polres Sinjai Ringkus Pelaku Curanmor
Pelaku dan penadah saat berada di Mapolres Sinjai. (INT)

KABAR.NEWS,Sinjai - Resmob bersama anggota Intelkam Polres Sinjai, dan Kanit Intel Polsek Sinjai Tengah serta personil Polsek Tellulimpoe, berhasil meringkus pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) yang terjadi di wilayah hukum Polres Sinjai, Kamis (10/1/2019).

 

Kasat Reskrim Polres Sinjai, AKP Noorman mengatakan penangkapan tersebut berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/39/XII/2018/SPKT/Sek Sinjai Tengah/Res. Sinjai, tanggal 21 Desember 2018 dan Laporan Polisi Nomor : LP/42/XII/2018/ SPKT/Sek Sinjai Tengah/Res Sinjai tanggal 31 Desember 2018. Adapun pelaku yang diamankan, yakni AR (18) warga Dusun Batu Balu, Desa Pattongko, Kecamatan Tellulimpoe (pelaku utama) dan FR (18) warga Dusun Bonto Mengepe, Desa Lembanglohe, Kecamatan Tellulimpoe, (pelaku utama).

 

"Selain menangkap pelaku utama, turut juga diamankan penadahnya yang yakni SF (18) seorang pelajar, warga Dusun Batu Lohe, Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, ED (17), pelajar, warga Dusun Pakokko, Desa Tellulimpoe, Kecamatan Tellulimpoe, HS (17) warga Dusun Lappae, Desa Saotengah, Kecamatan Tellulimpoe, dan MR (17), warga Toribi, Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai," ungkap Noorman.

 

Lanjut Noorman menjelaskan konologis penangkapannya, berawal dari adanya laporan korban tentang terjadinya tindak pidana pencurian, atas lapotan tersebut anggota Resmob Polres Sinjai yang dipimpin oleh Ipda Sangkala, bekerjasama dengan Kanit Intel Polsek Sinjai Tengah langsung mencari baket dan selanjutnya mendapat info bahwa ada sebuah barang atau onderdil sepeda motor berupa kenalpot yang akan djual. Selanjutnya anggota resmob bersama dengan salah satu korban curanmor menyamar sebagai pembeli dan melakukan transaksi di wilayah Kecamatan Tellulimpoe.

 

"Berawal dari info bahwa sebuah onderdil sepeda motor yang akan dijual sehingga anggota melakukan penyamaran sebagai pembeli dan tim langsung melakukan penangkapan kepada penjual onderdil dan dari hasil introgasi bahwa barang tersebut milik temannya," ujar Noorman, Jumat (11/1/2019). 

 

Selanjutnya, anggota kemudian lanjut bergerak melakukan penangkapan terhadap pelaku dan berhasil diamankan bersama barang bukti 1unit sepeda motor hasil curian di daerah Lappae Kecamatan Tellulimpoe. Dari hasil introgasi pelaku FR, bahwa dia melakukan aksinya bersama temannya berinisial AR, selanjutnya tim kembali melakukan penangkapan terhadap AR di Desa Erabaru bersama barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Yamaha Mio J dan dari interogasi kedua pelaku utama bahwa mereka berdua beraksi dengan memamfaatkan situasi sepi ditengah malam.

 

"Pelaku mengaku bahwa aksinya dilakukan pada saat larut malam dimana orang sedang terlelap, pelaku mengambil sepeda motor yang sedang parkir diteras rumah warga di Kecamatan Tellulimpoe dengan merusak kunci kontak. Aksi yang sama juga dilakukan pelaku di Kecamatan Sinjai Tengah, pelaku lalu merubah tampilan sepeda motor tersebut dan kemudian dipasarkan untuk dijual," jelasnya. 

 

Barang bukti yang diamankan yakni : 1 unit sepeda motor Yamaha Mio J warna putih merah dengan Nomor mesin: 54p-157403, Nomor rangka: MH35P00BCJI56990, dan 1 unit sepeda motor Yamaha Mio Soul GT warnah putih dengan Nomor mesin: 1KP-223830, Nomor rangka: MH31KP00CK225220, serta 1 buah knalpot (Onderdil sepeda motor hasil curian yang akan dijual oleh pelaku kepada personil resmob dan korban). Selanjutnya pelaku bersama dengan barang bukti tersebut diamankan di Polres Sinjai untuk selanjutnya berkordinasi Polsek Sinjai Tengah untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

 

 

  • Syarif


 

 

 

 

loading...