Mentan SYL Kunker ke Pasar Hewan Torut, Ini yang Dijanjikan

Pasar hewan terbesar di Asia Tenggara.

Mentan SYL Kunker ke Pasar Hewan Torut,  Ini yang Dijanjikan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat di pasar hewan Torut. Sabtu (28/11/2020). (KABAR.NEWS/Febriani).






KABAR.NEWS, Rantepao - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke pasar hewan terbesar di Asia Tenggara yakni Pasar Bolu, Toraja Utara, Sulsel, Sabtu (28/11/2020).


"Dalam kunjungan kerja ini kami datang melihat pasar hewan yang sangat besar di Asia Tenggara bahkan dunia dan mengamati dan efektif sebab singkron dengan upacara adat yang ada di Toraja, seperti menyembelih hewan kerbau maupun babi dalam upacara rambu tuka' (upacara adat pernikahan) maupun rambu solo' (upacara adat kematian)," ungka SYL disela - sela kunjungannya.


SYL berjanji akan memberikan perhatian untuk pasar hewan Bolu usai pilkada dan akan membuat konsepsi untuk memajukan pasar tersebut.


"Saya akan mengintervensi apa saja menjadi lokus kebutuhan di pasar ini, baik itu penambahan skala produksi kerbau dan babi yang ada di sini. Tentu kita akan memulai langkah-langkah strategis seperti budidaya dan intervensi yang dilokuskan ke acara adat istiadat di Toraja dan pada tahun 2021 saya akan mulai masuk melakukan langkah itu," janji Mantan Gubernur Sulsel dua periode ini.


Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Torut, Rede Roni Bare berharap dengan kunjungan Mentan SYL atas nama masyarakat Torut menginginkan adanya perbaikan pasar tersebut, juga butuh sentuhan dari Dirjen Peternakan untuk pembibitan kerbau atau babi.


"Itu harapan masyarakat kami, dan yang berikut adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam hal peningkatan keterampilan peternak," harap Rede Roni.


Pada kunker tersebut, ada dua Dirjen Kementan yang mendampingi SYL melihat kondisi Pasar Hewan di bolu. Kehadiran pejabat tinggi Kementan diharap ada perubahan untuk membangkitkan ekonomi desa.


Penulis: Febriani/B