Skip to main content

Mentan Pastikan Stok Beras Bertambah di Februari

mentan amran sulaiman
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (tengah) bersama Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel Zulkarnaen Arif (kanan) saat menjadi pembicara pada acara yang diadakan oleh HMI dengan tema Outlook Sulsel 2018 di Cafe Seewead Jalan Toddopuli Makassar, Jum'at (29/12/2017). (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)
 

KABAR.NEWS, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengakui saat ini stok beras nasional di bawah 1 juta ton, tepatnyadi pada angka 930 ribu ton. Namun, stok ini segera bertambah seiring mulai masuknya masa panen.

 

Dia mengatakan, musim tanam petani sebenarnya sudah terjadi pada Oktober 2017. Dengan masa tanam 3 bulan, maka di Januari ini beberapa lokasi mulai panen.

 

"Berpikir pakai logika saja, Januari 2018 akan masuk musim panen, dan nanti Februari 2018 akan ada panen puncak, jadi akan bertambah," kata Amran di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, seperti dilansir Liputan6.com, Jumat (12/1/2018) kemarin.

 

Dengan adanya masa panen ini, diperkirakan stok beras akan melebihi batas aman seperti yang dikatakan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), yaitu 1 juta ton. "Doakan saja, nanti kita akan operasi pasar, sehingga harganya akan membaik," tegas dia.