Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Komplikasi Penyakit

- Dirawat selama beberapa hari

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Komplikasi Penyakit
Menpan RB Tjahjo Kumolo. (FOTO: Humas Kemenpan RB)






KABAR.NEWS, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia dengan sejumlah penyakit atau komplikasi di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022).


Kader PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno menyebut, Tjahjo sempat dirawat dengan perawatan intensif selama beberapa hari RS Abdi Waluyo karena kelelahan hingga mengalami komplikasi.


"Awalnya kecapean, letih. Pekerjaan yang berat, kemudian setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit, , komplikasinya berarti multiorgan ya," kata Hendrawan Supratikno seperti dilansir CNN Indonesia.


Tjahjo merupakan kader PDI Perjuangan. Dia pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI selama beberapa periode hingga menjabat Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Kerja 1. 


Sebelumnya, Tjahjo juga disebut mengalami infeksi paru-paru yang membuat dirinya harus menjalani perawatan di rumah sakit selama hampir dua minggu.


Masih menurut CNN, infeksi paru merupakan kondisi masuknya patogen, baik bakteri atau virus, menyerang organ paru-paru dan menyebabkan peradangan. Pneumonia menjadi salah satu jenis infeksi paru yang paling umum.


Tjahjo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 1 Desember 1957. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak. Presiden Joko Widodo yang sedang dalam lawatan ke luar negeri telah menyampaikan duka atas wafatnya Tjahjo.