Skip to main content

Menimbang Efek DIAmi Bagi Paslon di Pilgub Sulsel 2018

diami punggawa
Cawali Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Cagub Sulsel, Ichsan Yasin Limpo. (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Nasib pasangan Moh Ramdhan Pomanto - Indira Mulyasari (DIAmi) belum dipastikan dapat bertarung di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2018. 

Di lain sisi, keikutsertaan pasangan DIAmi di Pilwalkot Makassar juga membawa pengaruh atas dukungan suara paslon di Pilgub Sulsel, yaitu Ichsan Yasin Limpo - Andi Mudzakkar (IYL-Cakka). 

Bukan menjadi rahasia, jika Danny Pomanto di Pilwalkot Makassar dan pasangan IYL-Cakka di Pilgub Sulsel, punya kedekatan serta keterkaitan politik. DIAmi dan IYL-Cakka dalam berbagai kesempatan kompak melontarkan statement untuk saling membantu.

Hal itu tak ditampik oleh Ketua Tim Rumah Kita IYL-Cakka, Bahar Ngitung. Ia berpendapat, jika DIAmi kembali masuk arena pertarungan di Pilwalkot Makassar, maka akan membawa pengaruh signifikan atas suara IYL - Cakka di Kota Makassar.

“Tidak dipungkiri bahwa, ada tim Danny yang juga tim kita. Kalau pak Danny maju itu akan berpengaruh atas suara kita di Makassar. Karena tentu Danny akan mensosialisasikan IYL-Cakka kalau dia juga bersosialisasi di masyarakat,” ujar Bahar Ngitung kepada KABAR.NEWS, via telepon, Kamis (17/5/2018).

Meski demikian, lanjut Bahar Ngitung bahwa, apabila pasangan DIAmi tak jadi menjadi peserta Pilwalkot Makassar 2018, maka hal itu juga tak terlalu berpengaruh signifikan terhadap kerja tim dan perolehan IYL-Cakka di Kota Makassar.

Sebab kata dia, IYL - Cakka dan DIAmi di Pilwalkot Makassar adalah dua hal yang berbeda. Obama sapaan karib Bahar Ngitung mengatakan, tim IYL-Cakka telah memiliki strategi mengantisipasi ketika pasangan DIAmi batal bertarung di Pilwalki Makassar.

Namun pihaknya juga mengaku prihatin atas nasib DIAmi.  “Kami prihatin atas kondisi yang terjadi di Makassar, tapi ini proses hukum, biarlah hukum yang menentukan,” katanya.


Baca Juga:

Sementara Akademisi Komunikasi Politik Uin Alauddin Makassar, Dr. Firdaus Muhammad berpendapat pengaruh DIAmi atas perolehan suara paslon di Pilgub di Makassar, relatif membawa pengaruh.

“Hal itu bisa terjadi, tapi tergantung hubungan politik Danny dengan kandidat tertentu,” kata Firdaus Muhammad.

Diketahui, di Pilkada Sulsel 2018 IYL-Cakka dan DIAmi merupakan dua paket dari jalur perseorangan. Kedua pasangan beda level tersebut juga sama - sama didukung oleh Partai Demokrat, Perindo dan Partai Berkarya.

Dalam beberapa kesempatan, IYL dengan Danny kompak melakukan salam punggawa sebagai simbol dari salam IYL-Cakka di Pilgub Sulsel. Deklarasi DIAmi di Anjungan Losari pada 22 November 2017 juga dihadiri oleh Bahar Ngitung.

Sementara itu, nasib DIAmi untuk dapat kembali menjadi paslon Pilwalkot Makassar masih simpang siur. Jika rekomendasi yang diputuskan Panwaslu Kota Makassar diabaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, dan tetap berpegang pada putusan MA. Praktis, paslon DIAmi akan terlempar dari pertarungan pilwalkot Makassar. 

 

  • Arya Wicaksana