Menikmati Sejuknya Permandian Alam Bora, Destinasi Liburan di Palopo

Biaya masuk cuma Rp10 ribu

Menikmati Sejuknya Permandian Alam Bora, Destinasi Liburan di Palopo
Kolam renang berwarna hijau di Permandian Alam Bora, Kota Palopo. (KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)












KABAR.NEWS, Palopo - Ada banyak tempat dan tujuan wisata di Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Mulai dari destinasi pantai, spot berkemah hingga permandian lengkap dengan huniannya yang mewah.


Tapi, tahukah Anda, di antara beragamnya jenis wisata di Palopo, hanya sedikit yang benar-benar menawarkan konsep by nature. Salah satunya adalah Permandian Alam Bora.


Jangan sangka, Permandian Alam Bora bukan seperti tempat mandi-mandi di sungai. Bukan. Destinasi wisata ini merupakan permandian alam, dengan kolam renang hijau yang tak kalah dibanding tempat lain.


Seperti namanya, Permandian Alam Bora diapit rindang pepohonan yang merimbun dua fasilitas kolam renang. Di samping kolam juga ada aliran anak Sungai Lengkong. (Baca juga: Menikmati Alam Bukit Padido, Desa Wisata di Bulukumba)


Permandian Alam Bora terletak di lereng perbukitan Kelurahan Mungkajang, Kecamatan Mungkajang. Wilayah ini biasa disebut warga Palopo sebagai "Lorong Janda".


Muhammad Takdir, pengelola Permandian Alam Bora mengatakan, tempat ini biasanya dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Palopo saat akhir pekan maupun hari-hari kerja. Tak jarang permandian ini jadi tempat family gathering.


"Permandian Alam Bora ini sudah kita buka sejak beberapa tahun lalu. Kita pakai nama permandian alam, karena memang di sini airnya murni dari Sungai Lengkong. Tapi kita filter dulu pakai mesin sebelum masuk ke kolam," kata Takdir saat ditemui KABAR.NEWS di Permandian Alam Bora, pekan lalu.


Tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk berenang di Permandian Alam Bora, pelancong cukup menyiapkan uang masuk Rp10 ribu untuk orang dewasa dan anak-anak. Dengan biaya itu, pengunjung sudah bisa mandi sepuasnya. (Baca juga: Honai Rangga, Spot Camping Alternatif di Lolai Toraja Utara)


Agar pengunjung dapat bersantai sebelum atau setelah berenang, pengelola menyediakan sederet pondokan kecil di sekitar kolam. Tersedia juga stage atau panggung dan kantin.


Dengan biaya masuk cukup terjangkau, Permandian Alam Bora menjadi alternatif untuk mereka yang hobi berenang di antara tingginya ongkos permandian di tempat lain.


"Alhamdulillah, semua yang datang ke sini senang dengan fasilitas dan pelayanan kami. Insya Allah, nanti kita akan tambah kolam untuk anak-anak lagi," tandas Takdir. (Baca juga: Pasar Hutan Bambu Toraja Utara kembali Dibuka dengan Konsep Pelestarian Lingkungan)


Seorang pengunjung bernama Omar Fajra mengaku, baru pertama kalinya datang ke Permandian Alam Bora setelah sekian tahun kembali ke Kota Palopo. Ia mengatakan, tempat ini cocok untuk kalangan yang menyukai suasana alam.


"Bagus tawwa di sini, selain murah, fasilitasnya tidak kalah dengan wisata permandian lain. Jarang-jarang ada yang begini kota," kata Omar di Permandian Alam Bora.


Selain tarif masuk yang murah, jalan ke Permandian Alam Bora juga cukup mudah diakses menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Jaraknya dari jantung Kota Palopo hanya sekitar 5 Km. Sekali waktu jika berada di Kota Palopo, Anda harus datang ke Permandian Alam Bora. Yuk!