Menhub Hingga Jokowi Puji Program Isolasi Apung Makassar

Program Pemkot Makassar

Menhub Hingga Jokowi Puji Program Isolasi Apung Makassar
Kapal Isolasi Apung KM Umsini saat sandar di dermaga Pelabuhan Soekarno - Hatta Kota Makassar. (KABAR.NEWS/ Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Makassar - Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto mendapat pujian dan apresiasi dari Menteri Perhubungan Budi Karya karena program Isolasi Covid-19 di KM Umnisi. 


Budi Karya bahkan mengklaim program Isolasi Apung Makassar mendapat sambutan baik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Karena program ini dinilai sukses, beberapa kabupaten kota di Indonesia yakni Kota Medan, Solo, Minahasa Utara dan Papuai telah menekan MoU dengan PT Pelni untuk menyediakan program Isolasi Apung. (Baca juga: Keluhan Pasien Isolasi Apung di Makassar: WiFi Lemot Hingga Banyak Kecoa)


“Terima kasih pak wali, Danny Pomanto atas ide cemerlangnya di masa pandemi ini. Sekarang ini menjadi perintah Pak Presiden Jokowi untuk menghadirkan kapal isolasi apung terpadu di masing-masing daerahnya. Progresnya sangat baik saya lihat,” jelas Budi pada pertemuan virtual, Kamis (12/8/2021).


Sementara Danny mengatakan, program Isolasi Apung ini sangat efektif untuk pasien Covid-19 tanpa gejala. Penyembuhan disebut bisa dilakukan karena faktor udara yang mendukung di atas laut. 


“Sejauh ini kami jalankan kapal isolasi apung ini sangat efektif karena kita lakukan berbagai macam hipotesis dan ternyata berada di atas laut 80 persen orang bisa sembuh karena udaranya banyak mengandung klorin. Para isoman dan isowati di atas juga dihibur dan mendapatkan motivasi,” terangnya. 


Danny sendiri memaparkan bahwa hingga hari ini, sudah banyak dinyatakan sembuh dari kapal isolasi apung. Kesembuhan mereka sedikit-banyak dipengaruhi oleh program peningkatkan imun tubuh. (Baca juga: FOTO: Olahraga Rutin Pasien Covid-19 di Kapal Umsini


“Hari ini ada pulang 13 orang. Dan ada lagi yang naik 12. Rerata pasien sembuh setelah 5 hari isolasi di kapal. Penyembuhannya cepat karena kami memberikan pelayanan yang baik mulai dari makan, vitamin dan rekreasi,” beber Danny.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B