Menggugat ke MK, Pernyataan Kades Jadi Bukti Ibas-Rio

- Pilkada Lutim

Menggugat ke MK, Pernyataan Kades Jadi Bukti Ibas-Rio
Paslon Pilkada Lutim Ibas-Rio saat mendaftar ke KPU. (IST/HO)






KABAR.NEWS, Makassar - Pasangan Irwan Bachri Syam - Andi Muh. Rio Patiwirri Hatta (Ibas-Rio) telah mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilu (PHP) Pilkada Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, ke Mahkamah Konstitusi (MK).


Melansir laman MK, Ibas-Rio melalui kuasa hukumnya yakni Muhammad Ikbal dan kawan-kawan menyertakan sedikitnya 4 rangkap alat bukti dalam berkas permohonan ke MK.  Dalam berkas itu, termohon adalah KPU Lutim. (Lihat juga: Hasil Pilkada Lutim, Barru dan Pangkep Digugat ke MK)


Muh. Ikbal mengatakan, salah satu alat bukti yang diajukan ke MK adalah pernyataan kepala desa (Kades) mengenai adanya beberapa pemilih yang secara hukum tidak dapat dikualifikasikan sebagai pemilih, tetapi dapat mencoblos pada TPS Pilkada Lutim.


Sebagai contoh, Ikbal mengilustrasikan pada beberapa kecamatan terdapat pemilih yang menggunakan identitas sah berupa KTP dan terdaftar sebagai pemilih tambahan (DPTb), namun setelah dicek pencoblos tersebut tidak dikenal di desa yang dimaksud.


“Kami telah menyiapkan bukti, di antaranya pernyataan kepala desa yang menyatakan tidak mengenal para pemilih tersebut dan itu ada beberapa orang," ujar Iqbal dikutip dari laman MK, Selasa (22/12/2020).


Selain itu, Ikbal juga menduga telah terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh petahana Pilkada Lutim Thorig Husler. Dugaan itu adalah mutasi pegawai negeri sipil (PNS) yang dilakukan setelah penetapan pasangan calon.


Dugaan pelanggaran ini kata Iqbal, telah diajukan ke Bawaslu namun tidak diregistrasi oleh pihak Bawaslu setempat. Atas dasar hal inilah, Ibas-Rio melayangkan gugatan dan menjadikannya sebagai materi yang dikontruksikan di dalam pokok permohonan di MK. 


"Inilah yang kemudian menjadi pintu masuk kami ke MK untuk membuka kejadian yang sangat luas biasa dan bersifat TSM ini yang dilakukan sejak awal sebelum penetapan pasangan calon,” jelas Ikbal. (Lihat juga: Kuasa Hukum Malkan-Rum Minta MK Batalkan Hasil Pilkada Barru)


Diketahui, hasil rekapitulasi suara KPU Lutim menetapkan paslon Muh. Thorig Husler - Budiman Hakim memperoleh 86.351 suara atau berjarak 9.123 suara dari Ibas-Rio yang meraih 77.228 suara.