Skip to main content

Mengenal Komputer Kuantum, "Super" Komputer dari IBM

Mengenal Komputer Kuantum, "Super" Komputer dari Revolusi Teknologi 4.0
Komputer Kuantum oleh International Business Machine yang diluncurkan di Las Vegas, Amerika Serikat, Selasa (8/1/2019).

KABAR.NEWS - International Business Machine atau IBM menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan komputer model kuantum komersil pertama di dunia. IBM Mendahului raksasa perangkat keras Microsoft yang masih merancang komputer jenis ini.

 

Dilansir dari Science Alert, komputer kuantum IBM diberi nama IBM Q System One, yang disebut komputer kuantum pertama yang dirancang untuk digunakan dalam bisnis. Selama bertahun-tahun, komputer kuantum hanya berada dalam batas-batas laboratorium penelitian.



Sistem komputasi kuantum dianggap sebagai salah satu wujud revolusi teknologi yang paling menjanjikan saat ini. Itu karena komputer kuantum dapat memproses lebih banyak data secara eksponensial dan memiliki potensi untuk mengubah industri secara menyeluruh.

 

Misalnya, komputer kuantum mampu merampingkan sistem dirgantara dan militer, menghitung faktor risiko untuk melakukan investasi yang lebih baik, atau, mungkin, menemukan obat untuk kanker dan penyakit lainnya.


"Data akan menjadi sumber daya alam paling berharga di dunia," kata CEO IBM, Ginni Rometty saat peluncuran IBM Q System One, di Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat, Selasa (8/1/2019).



Menurut laporan Tech Word, gagasan dibalik teknologi kuantum modern berakar pada karya fisikawan terkenal Paul Benioff, Yuri Manin, Richard Feynman dan David Deutsch. 


Ini dikemukakan oleh fisikawan kuantum teoritis Australia, Gerard J. Milburn, yang menyarankan bahwa dengan memanfaatkan sifat-sifat mekanika kuantum, teknologi seperti kriptografi, pencitraan dan komputasi dapat ditingkatkan secara radikal.



Berbeda dengan komputer model saat ini yang dapat menyimpan data dalam biner, baik dari nol atau yang - string satu dan nol mewakili angka atau huruf. Namun, komputer kuantum jauh lebih kuat.

 

Itu karena sistem komputer kuantum dapat menyimpan data menggunakan qubit. Komputer kuantum bisa melakukan perhitungan secara eksponensial lebih banyak sekaligus, menjadikannya cukup kuat untuk tugas yang sangat rumit seperti penemuan obat, analisis data intensif, dan bahkan membuat kode yang tidak dapat dipecahkan.


Berada dalam wadah kaca setinggi sembilan kaki, selebar sembilan kaki yang membentuk lingkungan yang kedap udara, komputer yang ramping ini adalah upaya pertama IBM untuk menghadirkan komputasi kuantum bagi bisnis. 


Berawal dari Teori Fisika Mekanika Kuantum



Teori kuantum menyangkut ‘ilmu yang sangat kecil ' pada bidang fisika yang kira-kira telah berusia seabad yang menjelaskan bagaimana materi berperilaku pada tingkat atom dan sub-atom.

 

Ada sekitar empat sifat dalam teori kuantum yang secara tradisional sulit dijelaskan oleh fisika klasik. Untuk bidang teknologi kuantum, dua sangat penting: superposisi dan keterikatan.


"Superposisi adalah ide partikel atau objek dapat berada di dua tempat atau negara pada saat yang sama," ujar, ahli teknologi dari lembaga ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi pemerintah Inggris, Innovate UK,  Dr Richard Murray, dikutip dari Tech Word.


Teknologi kuantum secara teoritis dapat digunakan dalam sejumlah cara berbeda. Beberapa contoh termasuk mikroprosesor, perangkat pencitraan dan laser, yang semuanya berasal dari fisika kuantum.


Perangkat komunikasi kuantum dapat menjadi cara untuk mengirimkan catatan medis, data pertahanan atau mengamankan catatan pemerintah tanpa khawatir mereka akan jatuh ke tangan yang salah.


Dan tentu saja, "grail suci" dari teknologi kuantum adalah komputasi kuantum. Ini bisa menjadi aplikasi utama dalam kriptografi. Komputer kuantum dapat lebih efektif merancang protokol kriptografi aman seperti menghasilkan angka yang benar-benar acak.



 

Pada dasarnya ini menimbulkan risiko bahwa superkomputer kuantum akan dapat meretas setiap sistem komputer 'klasik' di dunia.


Aplikasi lain yang mungkin untuk komputasi kuantum adalah AI, di mana para ahli meramalkan kemampuan jumlah-besar untuk secara tak terhindarkan memperkuat kecerdasan buatan superior.