Masuk Mal di Makassar Wajib Perlihatkan Kartu Vaksin Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

Asosiasi minta disiapkan petugas vaksinasi

Masuk Mal di Makassar Wajib Perlihatkan Kartu Vaksin Pakai Aplikasi Peduli Lindungi
Ilustrasi. Suasana di salah satu Mal di Kota Makassar. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengizinkan Mal untuk beroperasi kembali selama masa perpanjangan PPKM Level 4. Hal ini Berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Makassar tertanggal 24 Agustus dengan nomor 443.01/413/S.Edar/Kesbangpol/VIII/2021.


Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan, setiap pengunjung harus memperlihatkan kartu vaksin Covid-19 untuk masuk mal menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.


"Artinya begini memakai Peduli Lindungi itu karena usulan daripada asosiasi mal, jadi kita ikut. Karena kemarin kita sudah sepakat. Karena asosiasi mal mengusulkan kita harus pakai aplikasi Peduli Lindungi sebagai dasar bahwa orang masuk mal itu sudah vaksin, yah kita setuju saja," tutur Danny sapaan Moh. Ramdhan Pomanto di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar, Selasa (24/8/2021).


Aplikasi Peduli Lindungi kata Danny, juga dapat menghitung jumlah pengunjung Mal. Olehnya itu, Pemkot Makassar telah mempertimbangkan hal tersebut sebelum diberlakukan.


"Karena mereka juga menginginkan bahwa dengan Peduli Lindungi itu, mereka bisa menghitung orang masuk. Karena itu sudah sepakat kemarin saya kan sudah janji bahwa akan ada masukan ke surat edaran. Saya sudah masukkan," terangnya.


Lebih lanjut, pemberlakuan aturan tersebut bukan hanya di Mal saja, namun beberapa tempat yang dianggap rentan memicu kerumunan. "Termasuk hiburan malam atau sejenisnya dan tempat-tempat kerumunan," kata Danny.


Sementara, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sulselbar, Ricky Theodores mengatakan, memang pihaknya  meminta Pemerintah Kota Makassar untuk mewajibkan kartu vaksin digunakan untuk masuk mal. Dia menyebutkan kota besar seperti Jakarta telah mengaplikasikan hal tersebut.


"Sebagaimana percontohan di Jakarta, setiap pengunjung yang ingin masuk mal, itu diperiksa apakah sudah vaksin belum, melalui aplikasi Peduli Lindungi. Mungkin itu juga bisa kita terapkan di sini, sebagai upaya mendukung pemerintah," kata Ricky.


Selain itu, Asosiasi meminta setiap Mal menyiapkan petugas vaksin. Menurutnya, hal ini juga justru dapat membantu pemerintah jika terdapat pengunjung yang belum vaksin bisa langsung divaksin Covid-19.


"Jadi bisa langsung divaksin, ini juga menurut kami bisa membantu proses percepatan vaksinasi di Makassar," tandas Ricky.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B