Masih Dicari, Kapal Selam TNI yang Hilang Angkut 53 Awak

Hilang di Perairan Bali

Masih Dicari, Kapal Selam TNI yang Hilang Angkut 53 Awak
Ilustrasi Kapal Selam TNI Angkatan Laut. (Twitter/_TNIAL_)












KABAR.NEWS, Jakarta - Kapal Selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut (AL) yang diduga tenggelam setelah hilang kontak di perairan Bali, membawa total 53 awak.

"Ada 53 orang di kapal selam," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AL Laksamana Pertama Julius Widjojono, dalam keterangannya seperti dikutip CNN Indonesia, Rabu (21/4/2021).


Hingga saat ini kata dia, anggota TNI AL masih melakukan pencarian terhadap kapal yang hilang kontak sejak pagi tadi. Meski begitu saat ini pihaknya juga 
telah menemukan titik koordinat hilangnya salah satu dari lima kapal selam milik TNI itu.


Koordinat hilangnya kapal selam tersebut sudah ditemukan, sekitar 95 kilometer dari arah utara Pulau Bali," kata dia. Tak hanya itu, TNI AL juga mengerahkan kapal selam lain untuk membantu pencarian kapal selam tersebut.


"Dua kapal selam sedang dalam perjalanan ke titik untuk resque," jelasnya.


Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan Kapal Selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut hilang kontak di Perairan Bali pada Rabu (21/4). Saat ini menurut Hadi, timnya masih melakukan penelusuran atas kejadian tersebut.


"Masih dalam pencarian di Perairan Bali, 60 mile (95 KM) dari Bali," kata Hadi melalui pesan singkat.


KRI Nanggala-402 merupakan salah satu kapal selam yang dioperasikan TNI AL. Kapal ini merupakan kapal selam buatan Jerman pada 1979 lalu. Kapal ini hilang kontak dan diduga tenggelam saat menggelar latihan di Bali.


Kapal jenis tersebut adalah kapal yang cukup tua buatan industri Howaldt Deutsche Werke (HDW), Kiel, Jerman Barat.